Agama dan Perdamaian

Nama : Daniel Nalom

NIM : 1901497174

Universitas Bina Nusantara

Tuhan memang mentakdirkan manusia berbeda-beda, Tuhan yang punya kuasa. Dan hanya kasih Tuhan yang bisa mempertemukan dan menyatukan kita semua, ketika Tuhan menyatakan kasih tidak ada lagi kuasa yang mengalahkan daripada-Nya. Konsep perdamaian adalah sebuah komitmen bagi semua orang. Tidak boleh ada orang yang melakukan kekerasan dengan atas nama Agama. Unity and diversity tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Kebersamaan antar umat beragama harus menjunjung tinggi nilai pancasila. Pola hidup perdamaian harus disosialiasikan. Agama muslim dan kristen saling mengajarkan cinta dan kasih sayang. Dalam konteks kedamaian dan kebersamanaan harus percaya bahwa ada kuasa Tuhan yang mengatur dalam pertemuan antar umat beragama dan maka kedamaian akan ditengah-tengah kita semua.

Kejujuran adalah tahap pertama dari sebuah kebijaksanaan. Diskriminasi tidak boleh terjadi dan kejadian di India harus menjadi pelajaran karna tidak ada nilai-nilai agama yang diterapkan terhadap umat muslim.

Dalam Surah Al-Fatihah yang dipadatkan akan bermakna kasih. Apabila ada yang melakukan kejahatan atas nama agama, itu sudah pasti bukan agama yang dibawa tidak ada kekerasan yang diajarkan dalam agama. Lain tegas dan kekerasan. Agama islam yang diajarkan berguna untuk menyempurnakan dan dijalani bukan untuk memulai agama baru. Apa yang dilakukan oleh orang lain terlepas dari tulus atau tidaknya hanyalah urusan dia dengan Tuhan bukan kuasa kita untuk menghakimi mereka.

Untuk menjunjung tinggi kebersamaan dan perdamaian antar beragama, kita harus mengenal dan sharing tentang pengetahuan tentang iman masing-masing. Karena hal  ini dapat membantu merubah pandangan yang sebelumnya negatif menjadi sesuatu positif dan saling menghargai.

Apabila kita semua memahami paham agama, maka agama itu indah. Agama itu menjadi landasan dalam kehidupan bertetangga dan berbangsa dengan baik. Tidak cukup mentoleransi tetapi menerima saudara-saudara yang berbeda agama.

Walaupun kita memiliki banyak Agama di dunia ini, jangan lupa bahwa kita tetap manusia dan biarkan Tuhan hidup di dalam kita masing-masing. Agama sikh dapat bertumbuh dengan baik di Indonesia karena kita punya Pancasila. Indonesia adalah rumah kita bersama, kalau bukan kita yang menjaga lalu siapa lagi?.