MERAIH IMPIAN

By : Simon Mangatur Tampubolon

Impian adalah “barang atau sesuatu” yang sangat diinginkan, karena begitu besar keinginan akan “barang atau sesuatu” tersebut sampai terbawa dalam tidur. Bagaimana cara kita meraih impian kita? Caranya adalah “ TIDUR”…… eh..tunggu dulu, ini adalah sebuah “akrostik” yang masing-masing huruf punya arti:

  1. Tetapkan  Impianmu

Segala sesuatu diciptakan dua kali, pertama di alam pikiran dan kedua dialam nyata. Oleh karena itu penting sekali untuk menetapkan apa yang menjadi impian kita. Mulailah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan:

  1. Apa yang menjadi hobi saya?
  2. Sebagian besar waktu saya habis secara produktif untuk apa?
  3. Siapa idola atau orang yang menginspirasi kamu?
  4. Bagaimana kamu peduli terhadap orang lain?

2. Ingat Kelebihan dan Kekuranganmu

Impian kita selalu berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan kita. Hal ini bukan berarti bahwa kita harus menyerah terlebih dahulu, karena melihat kekurangan dan kelebihan kita. Namun tujuannya adalah agar kita tahu hal-hal apa yang harus kita tingkatkan atau perbaiki untuk menggapai impian. Kita tahu apa yang menjadi prioritas dalam kehidupan kita. Mengingat kelebihan dan kekurangan kita membuat kita juga tahu batasan dan tahu bagaimana pun kita membutuhkan orang lain.

3. Doakan Selalu Impianmu

Kita semua pasti percaya kita ada bukan karena hal yang kebetulan. Ada yang MahaKuasa yang menciptakan kita dengan sebuah tujuan penting bagi kehidupan ini. Oleh karena itu penting untuk mendoakan apa dan bagaimana kita meraih impian. Akan ada banyak hambatan yang kita hadapi dan doa akan memberi kita kekuatan spiritual.

4. Upayakan Yang Terbaik

Impian hanya akan menjadi bunga tidur saja, jikalau kita tidak berupaya untuk menggapainya. Yang terpenting dari upaya kita adalah apakah kita sudah melakukan yang terbaik? Mengapa ini penting, karena ketika kita melakukan yang terbaik, maka kita akan mendapat hasil yang terbaik dan ingat yang Maha Kuasa pasti akan menghargai yang terbaik yang mampu kita lakukan.

5. Rasakan Impianmu

Kelak engkau akan meraih impian kita, dan jangan lupa untuk merasakan dan menikmatinya. Terkadang orang berjuang meraih impiannya, namun setelah impian itu tercapai dia lupa menikmatinya. Tetapi prosesnya pun harus kita nikmati, setiap langkah-langkah kecil harus kita syukuri dan rayakan.  Bagaimana kita menikmatinya:

  1. Jangan mengeluh tetapi bersyukur
  2. Carilah sisi-sisi lucu dalam setiap proses
  3. Berpikirlah positip dan opitimis
  4. Carilah teman untuk berbagi dan saling menguatkan