MENGENAL DIRIMU

By : Simon Mangatur Tampubolon

I. Bukalah kertas penutup, di bawah ini dan jawablah gambar apa yang pertama kali anda lihat?

a. Melihat Pilar terlebih dahulu

Hal itu berarti kamu lebih memilih kenyamanan dan keamanan daripada hal-hal lain yang bisa jauh lebih penting. Meraih tujuan hidup tidak akan bisa dilakukan jika kamu tidak keluar dari zona nyamanmu. Melihat gambar pilar terlebih dahulu dapat berarti bahwa kamu sering memimpikan tentang target, impian, serta tujuan hidup, namun tidak memiliki cukup waktu untuk benar-benar bekerja demi meraih tujuan tersebut.

b. Melihat Orang terlebih Dahulu

Hal ini berarti kamu memiliki jiwa yang bebas yang siap meninggalkan kondisi sekarang. Kehidupan hampir tak pernah membosankan bagimu. Kamu adalah orang yang selalu ingin tahu dan memiliki hati yang lembut. Namun, jangan “bermain-main” atau berpetualang terlalu lama. Ada waktunya kamu serius dan memikirkan masa depan.

II. Hanyut dalam angin sepoi sepoi

Dapatkah Anda mengingat hari-hari di musim panas ketika liburan tiba? Apakah Anda tidak memiliki tanggung jawab? Apakah tidak ada apa-apa selain waktu di saat Anda bangun pagi sampai matahari terbenam? Bagaimana dengan waktu untuk bermain dan perpetualang. Bagaimana dengan waktu untuk bermimpi dan berkeliling. Waktu berjam-jam dihabiskan dalam hiburan masa kecil …bermain layangan…. melihat awan …. meniup gelembung. ….

Bayangkan Anda sedang berada di luar rumah saat musim panas di masa kecil, meniup gelembung di tengah padang. Adegan mana di bawah ini yang terbaik dari yang Anda bayangkan?

1. Gelembung yang Anda tiup melayang di angkasa

2. Anda meniup ratusan gelembung kecil dengan alat peniup plastik.

3. Anda sedang berkonsentrasi meniup satu gelembung besar.

4. Gelembung yang Anda buat tertiup angin sepoi-sepoi

Kilauan gelembung yang Anda tiup dalam imajinasi adalah lambang dari harapan dan impian. Pemandangan yang digambarkan menyingkapkan bagaimana Anda berpikir tentang impian yang diharapkan akan menjadi kenyataan.

         Penjelasan

1. Gelembung yang Anda tiup melayang di angkasa

Anda melihat impian sebagai hal yang sukar dipahami dan tidak dapat dicapai, terbang menjauh seperti gelembung sabun ditiup angin. Mungkin Anda berharap terlalu banyak, terlalu cepat untuk terperangkap dalam impian yang mustahil. Apapun masalahnya, jurang pemisah antara impian dan kenyataan sangat besar. Meskipun sangat ingin memberitahu orang lain tentang rencana besar dan rencana masa depan, jauh di lubuh hati Anda ada suara yang mengatakan betapa rapuhnya rencana tersebut.

2. Anda meniup ratusan gelembung kecil dengan alat peniup plastik.

Anda telah menetapkan pandangan Anda ke hal-hal yang dengan cepat dapat di capai – baju baru, mobil, atau pacar. Impian Anda bijaksana dan selalu berada dalam jangkauan. Putuskan apa yang paling diinginkan di dunia ini dan berusahalah mengejarnya. Jika Anda mengejar semuanya sekaligus, kemungkinan besar Anda akan berakhir dengan tangan kosong.

3. Anda sedang berkonsentrasi meniup satu gelembung besar.

Anda memiliki satu impian atau ambisi yang menguasai seluruh hidup. Peganglah keinginan itu dan teruslah berjuang ke arah sasaran Anda. Sejalan dengan waktu, Anda akan melihat bahwa itu tidak terlalu jauh dari genggaman Anda.

4. Gelembung yang Anda buat tertiup angin sepoi-sepoi

Pengalaman kecewa dengan harapan dan impian yang tidak tercapai di masa lalu membentuk cara berpikir Anda sekarang ini. Tapi pengalaman mengejar impian dan kehilangan beberapa impian di tengah jalan adalah hanya latihan sambil membuat sasaran baru untuk masa depan. Jangan takut untuk tetap bermimpi – satu-satunya orang yang belum pernah mengalami gagal adalah mereka yang tidak pernah mencoba

III. Tes Kokologi 1: Cara Kamu Memandang Hidup

Suatu hari, ada seekor burung berwarna biru yang tiba-tiba masuk ke rumahmu dan terperangkap di dalamnya. Kamu pun berniat untuk memeliharanya. Namun ada suatu keanehan yang terjadi pada burung tersebut. Pada hari pertama, warna burung itu berubah dari biru menjadi kuning. Pada hari kedua berubah lagi dari kuning menjadi merah terang. Hari ketiga berubah lagi menjadi hitam.

Coba pikirkan! Akan berubah menjadi warna apakah burung itu di hari berikutnya? Pilih salah satu:

  1. Tetap hitam
  2. Kembali menjadi berwarna biru
  3. Menjadi berwarna putih
  4. Menjadi berwarna emas

Makna di balik jawaban Tes Kokologi 1:

  1. Burung tetap berwarna hitam: menggambarkan bahwa kamu memiliki pandangan yang pesimis.
  2. Burung berubah kembali menjadi biru: menggambarkan bahwa kamu adalah seorang yang optimis.
  3. Burung berubah menjadi putih: menggambarkan bahwa kamu adalah orang yang tenang dan tegas meski berada di bawah  tekanan.
  4. Burung berubah menjadi warna emas: menggambarkan bahwa kamu tidak memiliki rasa takut.

IV. Bayangkan kamu sedang berada di sebuah dataran dengan langit yang begitu biru. Lalu sekali lagi, bayangkan sebuah tempat yang membuatmu merasa nyaman dan tentram. Pilih salah satu dari 4 tempat di bawah ini:

  1. Dataran yang dipenuhi oleh salju putih

2. Lautan biru

3. Gunung yang hijau

4. Padang yang dipenuhi bunga berwarna kuning

Makna di balik jawaban Tes Kokologi 2:

  • Dataran yang dipenuhi salju putih: kamu diberkati dengan sensitivitas khusus yang membuatmu mengerti dengan hanya memandang sekilas. Selain itu, kamu bisa menguraikan masalah yang rumit tanpa membutuhkan bukti dan penjelasan. Kamu mempunyai kemampuan untuk membuat keputusan dan bahkan menjadi seorang visioner. Percayailah intuisimu yang pertama, mereka akan menuntunmu dengan baik.
  • Lautan biru: kamu memiliki bakat alami dalam hubungan antarpribadi. Orang-orang menghormati kemampuanmu dalam berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, kamu membantu orang lain bekerja dengan lebih lancar dan efisien, membuatmu menjadi seorang anggota yang sangat berharga dalam suatu proyek atau tim. Orang-orang tahu bahwa kamu berkata sebenarnya, sehingga pujianmu menjadi berarti bagi orang yang mendengarnya.
  • Gunung yang hijau: bakatmu adalah berkomunikasi dengan ekspresif. Kamu selalu dapat menemukan kata-kata untuk mengekspresikan apa yang dirasakan. Seringkali, orang-orang juga merasakan hal yang sama. Kamu tampak dapat selalu menolong orang lain dan menemukan sisi yang benar dalam berkomunikasi.
  • Padang yang penuh bunga berwarna kuning: kamu adalah sumber pengetahuan dan kreativitas, penuh dengan gagasan dan potensi yang hampir tak terbatas. Tetaplah menyesuaikan diri terhadap perasaan orang lain dan jangan pernah berhenti membangun mimpi. Tidak ada apa pun yang tidak bisa kamu capai.

V. Segitiga, Lingkaran dan segi empat

Setiap bentuk dan rancangan dapat diringkas menjadi bentuk bangun dasar yang sama : titik dan garis. Bagi beberapa orang, kata-kata itu dapat membangkitkan kenangan menyakitkan yang terkubur saat belajar geometri di SMU. Tapi mereka juga dapat membawa kita kembali pada masa ketika dunia lebih sederhana, yaitu saat duduk di kelas seni ketika rumah dapat digambar menggunakan persegi empat dan segitiga atau sebuah wajah dibuat dengan sebuah lingkaran, dua titik, dan garis yang berombak. Permainan kita yang berikutnya meminta Anda mengira-ngira perspektif dan kreativitas sekali lagi.

(Anda memerlukan sebuah pena dan kertas untuk permainan ini)

Gunakan sebuah lingkaran dan sejumlah segitiga serta segi empat, gambarkan sesuatu diatas kertas.

_________________________________________________________

Bagaimana hasil gambar seni Anda? Apakah cocok digantung di pintu lemari es? Arti yang sesungguhnya dari rancangan yang Anda gambar dapat ditemukan dalam penggunaan tiga bentuk dasar tersebut. Dalam latihan ini, segitiga mewakili pekerjaan dan pelajaran. Segi empat melambangkan masyarakat dan peraturannya. Lingkaran adalah lambang diri sendiri.

Jika menggambar lingkaran sangat besar, Anda memiliki penghargaan diri yang besar. Itu dapat menjadi sesuatu yang baik ketika menuntun ke arah penghargaan diri yang positif. Tapi bagi beberapa orang, itu menunjukkan dugaan yang menyimpang dari tempat mereka di dunia. Dengan kata lain, jika di tengah-tengahnya Anda menggambar lingkaran yang sangat kecil, Anda melihat diri sendiri sebagai orang yang kurang penting atau dikecilkan oleh dunia disekitar. Jangan biarkan diri Anda ditutupi oleh semua segitiga dan segi empat; mereka memiliki titik dan garis yang sama seperti Anda.

Jumlah dan ukuran segitiga yang digunakan mewakili pekerjaan atau tanggung jawab Anda di sekolah. Segitiga yang besar menunjukkan pekerjaan yang berharga dan kepuasan yang ditemukan di dalamnya. Sejumlah segitiga yang besar berarti Anda sedang mengerjakan beberapa proyek sekaligus. Berhati-hatilah jika Anda memiliki terlalu banyak segitiga, mungkin berarti harus mengurangi beban kerja sebelum membuat lelah.

Segi empat dalam gambar menunjukkan bagaimana perasaan Anda mengenai masyarakat dan orang lain. Segi empat yang sangat besar menunjukkan Anda sedang dalam tekanan untuk diterima oleh masyarakat. Jika Anda menaruh banyak segiempat dalam gambar, berarti Anda cenderung merasa tidak diperhatikan oleh masyarakat atau terbebani dengan terlalu banyak peraturan.

Jika bentuk-bentuk dalam gambar saling berhubungan, saling tindih, dan tergabung dengan batas garis, berarti Anda sedang menikmati tingkatan penggabungan dan keselarasan di antara aspek-aspek kehidupan. Jika semua bentuk saling terpisah, maka kemungkinan besar Anda akan melihat tanda pengasingan dan kurangnya keharmonisan hubungan dalam hidup sehari-hari.