Masyarakat Berketuhanan dan Berkeadaban

By : Ramot Peter

Dalam era globalisasi, kehidupan semakin penuh tantangan dan menuntut adanya banyak perubahan dalam berbagai dimensi. Demikian juga bangsa Indonesia pada saat ini, ada banyak perubahan besar-besaran yang disebabkan oleh pengaruh dari luar maupun dari dalam negeri. Untuk menghadapi tantangan dari berbagai perubahan tersebut, bangsa Indonesia perlu membekali diri dengan berbagai pengetahuan dan skill serta keterampilan seiring dengan perubahan itu sendiri. Berbagai kemampuan yang harus dipersiapkan tentunya harus berlandaskan pada nilai-nilai luhur Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 agar tidak terjadi penyimpangan.

Secara global, setiap bangsa selalu mengimpikan terwujudnya masyarakat madani. Salah satu hal penting yang menopang terwujudnya masyarakat madani adalah kehidupan masyarakat yang maju dan moderen. Pengembangan dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) merupakan salah satu syarat menuju terwujudnya kehidupan masyarakat bangsa yang maju dan moderen. Pengembangan dan penguasaan iptek menjadi semakin penting, manakala dikaitkan dengan kehidupan global yang ditandai dengan persaingan yang semakin ketat dan bebas. Namun demikian pengembangan iptek bukan semata-mata untuk mengejar kemajuan material melainkan harus memperlihatkan aspek-aspek spiritual. Artinya, pengembangan iptek harus diarahkan untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin.

Untuk meraih keberhasilan manusia mencapai tujuan dan hakikat hidupnya dakam rangka untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin, warga negara Indonesia diharapkan mampu menggunakan iptek sebagai usaha kreativitas manusia melalui proses akal dan pikirannya. Berdasarkan kreativitas akal dan pikiran, bangsa Indonesia akan mampu mengembangkan iptek dan mampu mengolah kekayaan alam yang disediakan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk kepentingan kesejahteraan bangsa. Jadi, fungsi iptek hanyalah sebagai pengolah kekayaan untuk kepentingan kesejahteraan manusia, sedangkan usaha-usaha iptek harus mengikuti nilai-nilai dan moral yang terdapat dalam Pancasila yaitu berketuhanan dan berkeadaban.