Makna Beriman pada TUHAN

Tiara Dwi Puspita, Mahasiswi Binus University

Pada sila pertama, dalam pancasila berbunyi “Ketuhanan yang Maha Esa”. Esa itu Satu, maka setiap manusia harus Percaya dan Taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai menurut agama dan kepercayaan masing-masing. Setiap orang memilikikepercayaan agama yang berbeda – beda dan masing masing harus menganut kepercayaan pada Tuhan .

Agama yang diakui di Indonesia yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Di dalam Sila pertama pancasila mencakup nilai-nilai agama untuk mengatur hubungan negara dan agama. Nilai-nilai yang ada dalam pancasila juga tidak boleh bertentangan dengan ajaran masing-masing agama.

Terdapat juga harapan pada sila pertama pancasila ini, yaitu dengan kita percaya pada Tuhan maka kita tidak akan menyakiti saudara sebangsa kita.

Manusia sebagai makhluk yang ada di dunia ini seperti halnya makhluk lain diciptakan oleh penciptaannya. Manusia sebagai makhluk yang diciptakan wajib menjalankan perintah Tuhan dan menjauhi laranganNya.

Dalam konteks bernegara, maka dalam masyarakat yang berdasarkan Pancasila, dengan sendirinya dijamin kebebasan memeluk agama masing-masing. Sehubungan dengan agama itu perintah dari Tuhan dan merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan oleh manusia sebagai makhluk yang diciptakan oleh Tuhan, maka untuk menjamin kebebasan tersebut di dalam alam Pancasila seperti kita alami sekarang ini tidak ada pemaksaan beragama, atau orang memeluk agama dalam suasana yang bebas, yang mandiri.

Oleh karena itu dalam masyarakat Pancasila dengan sendirinya agama dijamin berkembang dan tumbuh subur dan konsekuensinya diwajibkan adanya toleransi beragama.

Sebagai sarana untuk mewujudkan kesatuan dan persatuan bangsa, maka asas kebebasan memeluk agama harus diikuti dengan asas toleransi antar pemeluk agama, saling menghargai dan menghormati antara pemeluk agama yang satu dengan pemeluk agama yang lain dalam menjalankan ibadah menurut agama mereka masing-masing. Dua-duanya merupakan satu system sebagaimana satunya jiwa dan raga dalam kehidupan manusia. Agama sebagai alat untuk mengatur kehidupan di dunia, sehingga dapat mencapai kehidupan akhirat yang baik.


Kehidupan beragama tidak bisa lepas dari pembangunan masyarakat itu sendiri, bangsa dan negara demi terwujudnya keadilan dan kemakmuran materiil maupun spiritual bagi rakyat Indonesia. Semakin kuat keyakinan dalam agama, semakin besar kesadaran tanggung jawabnya kepada Tuhan bangsa dan Negara, semakin besar pula kemungkinan terwujudnya kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan bagi bangsa. Tanpa adanya sila pertama, Indonesia dapat menjadi negara yang kacau. Hal ini dikarenakan agama juga menjadi salah satu faktor pendorong agar seseorang berbuat hal-hal yang positif.

Dalam agama, terdapat sejumlah pedoman, anjuran, dan juga larangan yang dapat membuat manusia untuk bertindak secara baik, tulus, peduli, dan penuh kasih sayang terhadap sesamanya dan juga lingkungan di sekitarnya.

Saya mengimplemengatasikan Pancasila sila pertama dalam kehidupan sehari – hari saya dengan cara, mempercayai adanya tuhan dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai ajaran agama yang dianut masing-masing. Menjalankan dengan rajin perintah agama sesuai ajaran yang dianut masing-masing dan juga menjauhi larangan nya. Menjaga toleransi dan saling hormat menghormati di antara umat beragama untuk kenyamaan bersama untuk menghindari konflik suatu agama. dan tidak memaksa kepercayaan kita kepada orang lain.