Kesantunan Berbicara pada Anak

By : Ramot Peter

Kesantunan berbahasa adalah masalah yang krusial dalam berkomunikasi.  Berbicara dengan santun harus diajarkan dan diterapkan dalam kehidupan sedini mungkin. Kebiasaan berbicara santun perlu dibiasakan sejak dari usia anak-anak agar menjadi kebiasaan pada usia remaja, dewasa, hingga masa tua. Hal ini perlu menjadi perhatian karena sering ditemukan bahwa anak berbicara tidak memenuhi standar kesopanan, bahkan ada yang sudah terbiasa dengan berbicara kasar. Sikap ini akan berdampak pada jiwa anak itu sendiri dan anak-anak lainnya.

Peran orang tua cukup besar mulai dari rumah untuk masa pembentukan cara berkomunikasi anak. Sehingga orang tua yang harus menerapkan kesantunan terlebih dahulu sebelum menyuruh anaknya berbicara sopan. Dalam hal ini, konsep keteladanan berlaku disini yaitu mencontohkan bentuk bicara yang sopan kepada anak.  Hanya saja masih banyak orangtua yang kurang pemahaman bentuk kesantunan berbicara dan cara menerapkannya pada anak usia dini serta kendala-kendalanya.     

Sebaiknya orangtua perlu mengetahui bentuk kesantunan berbicara yang cocok diajarkan dan diterapkan pada anak.  Selanjutnya, orangtua perlu menemukan cara-cara praktis dan efektif yang bisa diterapkan pada anak serta kendala-kendalanya.  Penulis mengakui bahwa kajian yang berhubungan dengan kesantunan berkomunikasi ini masih terlalu minim dan masih jarang. Namun, hal ini tidak menjadi penghalang baik orangtua di zaman digital  saat ini untuk mencari dan menemukan informasi maupun pengetahuan melalui daring. Dengan demikian, orangtua diharapkan dapat terus mengembangkan kesantunan berkomunikasi dimulai dari masa kanak-kanak dengan menggunakan pendekatan humanis. Tentu, segala upaya yang dilakukan akan sangat bermanfaat bagi orangtua agar dapat menjadi pendidik bagi anak-anaknya dimulai dari rumah. Penulis yakin dan percaya bahwa setiap orangtua punya kiat tersendiri mendidik anaknya agar memiliki kesantunan dalam berkomunikasi.