CBDC Gelar Seminar Pancasila Online untuk Hampir 4000 Mahasiswa Binus dalam Bifest 2020

Pandemi Covid 19 tidak boleh mematikan kreativitas, terobosan dan semangat untuk terus belajar dan mengembangkan pengetahuan. Di tengah pandemi covid 19 yang masih belum usai, aktivitas pendidikan dan pembelajaran online harus tetap berjalan untuk semakin memanusiakan manusia, generasi muda penerus bangsa Indonesia.

Berkaitan dengan itu, Character Building Development Center (CBDC) Binus University akan menggelar seminar Pancasila secara online kepada hampir 4000 mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Character Building Pancasila di Binus University pada Sabtu, 2/5/2020 dalam ajang Binus Festival ( Bifest) 2020 ini.

CBDC dalam ajang Binus Festival 2020 kali ini mengambil tema “Diskursus Pancasila di Tengah Covid 19”. Tema ini tentu bertujuan merefleksikan aplikasi nilai-nilai Pancasila di tengah penyebaran covid 19 saat ini yang menjadi persoalan dunia dan nasional Indonesia.

Seminar online ini dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom dengan menghadirkan empat (4) dosen Character Building sebagai narasumber utama.

Para narasumber itu antara lain:

  1. Bapak Kristan membawakan materi tentang “Kemanusiaan di Tengah Covid 19 dalam Perspektif Pancasila”. Kristan akan mencoba membahas relevansi Pancasila dikaitkan dengan kondisi bangsa dan dunia saat ini dalam upaya mengatasi Covid 19.

2. Ibu Murty Magda Pane membahas materi tentang “Pancasila Dulu, Kini dan Nanti”. Murty Magda Pane akan membahas dinamika sejarah Pancasila dari masa ke masa dan pentingnya upaya untuk membumikan Pancasila di dalam diri mahasiswa sebagai generasi milenials.

3. Ibu Dian Anggraini membawakan materi tentang “Pancasila dan Solidaritas Sosial”. Anggraini mencoba membahas fenomena solidaritas sosial manusia Indonesia di tengah pandemi covid 19 ini dan contoh lain yang relevan.

4. Bapak Agus Masrukhin membawakan materi tentang “Pancasila dan Nasionalisme”. Masrukhin membantu mahasiswa untuk semakin meningkatkan semangat dan jiwa nasionalisme di tengah kehidupan sosial, berbangsa dan bernegara.

Keempat narasumber ini telah menyiapkan materi dengan baik dan siap mendelivery materi kepada hampir 4000 mahasiswa Binus sebagai upaya untuk ikut menyemarakkan acara Binus Festival kali ini.

Character Building Development Center setiap tahun terlibat untuk menanamkan dan mentransmisikan pengetahuan tentang nilai-nilai keutamaan karakter yang perlu dimiliki oleh para Binusian dan khususnya kali ini untuk para mahasiswa Binus yang sedang mengambil mata kuliah Character Building Pancasila.

Diharapkan kegiatan seminar online CB Pancasila ini dapat memberikan inspirasi, motivasi, spirit dan perspektif baru kepada para mahasiswa Binus untuk tetap konsisten dan berkomitmen dalam membangun karakter-karakter keutamaan mahasiswa Binus antara lain menjunjung tinggi nilai integritas diri, semanga cinta budaya Indonesia dan mengembangkan sikap peduli serta toleransi tinggi di dalam perbedaan sosial yang inherent (melekat erat) pada diri para Binusian itu sendiri.

Frederikus Fios