CBDC Binus University Bahas Peluang Kerjasama dengan Koperasi CU Bererod Gratia

Bapak Jeffrey Christian Sairatu, Doktor Frederikus Fios, Bapak Melianus Mau Leon, Doktor Antonius Atosokhi Gea

Character Building Development Center (CBDC) Binus University menerima kunjungan Pengurus Koperasi CU Bererod Gratia untuk membicarakan peluang dan potensi kerjasama antara kedua lembaga ini di masa-masa yang akan datang di Ruang Meeting 0302 Lantai 3, Kampus Binus Alam Sutera, Tangerang, Banten, Kamis (5/3/2020).

Pengurus Lembaga Bererod Gratia diwakili oleh Bapak Melianus Mau Leon selaku Ketua Pengurus dan Bapak Jeffrey Christian Sairatu selaku Deputy Diklat dan Pemberdayaan.

Bapak Jeffrey Christian Sairatu dan Bapak Melianus Mau Leon

Sedangkan dari pihak Character Building Development Center (CBDC) direpresentasi oleh Dr. Frederikus Fios S.Fil., M.Th (CBDC Manager) dan Dr. Antonius Antonius Atosokhi Gea, S.Th., MM (Lecturer Specialist S3 CBDC).

Dalam tatap muka yang berlangsung dari pkl 12.00 sampai dengan pkl. 14.00 itu, kedua belah pihak saling mensharingkan informasi dan pandangan berkaitan dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh kedua lembaga.

“Kami fokus pada koperasi untuk mengembangkan ekonomi umat demi mensejahterakan masyarakat Indonesia. Untuk memperkuat aspek kelembagaan, kami perlu menggandeng pihak universitas dalam hal ini Binus sebagai mitra dalam kerja sama ke depan khususnya berkaitan dengan penelitian, kajian, pengabdian pada masyarakat maupun pelatihan-pelatihan untuk internal karyawan dan juga untuk komunitas masyarakat”, kata Ketua Pengurus Koperasi Bapak Melianus Mau Leon.

Bapak Melianus lebih lanjut menjelaskan bahwa Koperasi CU Bererod Gratia memiliki beberapa terobosan di masa depan yang perlu dilakukan dalam hal kerjasama antarlembaga, pelatihan maupun penelitian bersama dengan CBDC Binus University dalam aspek-aspek yang berkaitan dengan Character Building (CB) untuk masyarakat baik anggota koperasi maupun komunitas potensial yang dapat disiapkan untuk nantinya dapat mandiri membentuk koperasi di bawah binaan Koperasi Bererod Gratia.

Melianus juga menjelaskan bahwa Koperasi Bererod Gratia merupakan salah satu koperasi yang memiliki nilai unggul dibandingkan dengan koperasi lain yang ada di republik ini. Oleh karena itu kerja sama dengan pihak universitas perlu dilakukan untuk memperkuat sistem kelembagaan maupun peningkatan sumber daya manusia Koperasi Bererod ke depannya.

“Untuk itu kami membutuhkan bantuan CBDC Binus University untuk membantu kami ke depan dalam aspek penelitian, pelatihan dan pengembangan potensi koperasi CU Berered Gratia yang semakin berkembang baik dari tahun ke tahun dalam aspek jumlah modal maupun jumlah anggota yang terus bertambah”, jelas Meli.

Hal senada diakui oleh Bapak Jefrey Christian Sairatu yang menawarkan beberapa topik pelatihan untuk dilaksanakan oleh CBDC dalam beberapa waktu ke depan. “Kami berharap Binus dapat membantu kami memberikan pelatihan character building untuk para karyawan kami agar mereka semakin termotivasi untuk meningkatkan kinerja lebih baik dan lebih bagus dalam karir profesional yang mereka lakukan”, ungkap Bapak Jeffrey.

Sementara itu Doktor Frederikus Fios menyampaikan informasi bahwa CBDC memiliki materi pelatihan dan dosen yang sangat berkompeten untuk memberikan pelatihan dalam aspek-aspek yang berkaitan dengan tema-tema yang berkaitan dengan Human Character Building.

CBDC Binus sendiri memiliki beberapa paket pendidikan dan pelatihan antara lain: Relasi dengan Diri Sendiri, Relasi dengan Sesama, Relasi dengan Tuhan, Relasi dengan Dunia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Self Development, Interpersonal Development, Spiritual Development, Profesional Development, Character Building Pancasila, Character Building Kewarganegaraan, Character Building Agama, Pendidikan Antikorupsi, dan tema-tema lain yang relevan dengan pembentukan aspek karakter dan kepribadian manusia.

Dalam waktu dekat ini, kedua lembaga akan bekerja sama dalam melakukan pelatihan (workshop) untuk karyawan dalam Character Building terkait tema-tema yang akan disepakati bersama.*

Frederikus Fios