CBDC Binus University Terima Tim Monev Hibah GE Belmawa Kemendikbud

Jakarta, Character Building

Character Building Development Center (CBDC) Binus University yang mengembangkan mata kuliah wajib umum (MKWU) menerima tim monitoring dan evaluasi (monev) dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia yakni Ibu Meiliana dan Bapak Brian. Tim Monev dari Belmawa Dikti diterima oleh CBDC MKWU Binus University di Room 4 Kampus Binus Syahdan, pada Selasa 19/11 2019 pukul 09.00-14.00 WIB.

Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan penting dari rangkaian pelaksanaan program general education yang dilaksanakan CBDC Binus University terkait hibah pengembangan pembelajaran karakter antikorupsi yang dibiayai oleh Dirjen Belmawa Kemendikbud 2019.

Ketua Program Pelaksanaan General Education Pembelajaran Karakter Antikorupsi Binus University Dr. Antonius Atosokhi Gea S.Th., MM didampingi oleh Dr. Frederikus Fios., S.Fil., M.Th, Bapak Adrianus, Bapak Jajat pada kesempatan ini melaporkan progres perkembangan kegiatan general education antikorupsi yang sudah dijalankan timnnya. Hadir juga dosen yang terlibat dalam general education ini yakni Ibu Dian Anggraini dan Ibu Murty Magda Pane serta perwakilan mahasiswa Binus yang terlibat dalam pelaksanaan GE di Binus University.

Ibu Meiliana dan Bapak Brian dalam kesempatan ini memberikan beberapa pertanyaan penting berkaitan dengan perkembangan dan tahapan pelaksanaan general education di Binus University yang telah dilaksanakan atau dijalankan sejauh ini.

“Kami perlu bertanya dan mengevaluasi perkembangan pelaksanaan GE Antikorupsi ini mengingat sudah hampir habis masa pelaksanaan GE ini. Kami perlu mengecek sejauh mana implementasinya di Kampus Bina Nusantara”, kata Ibu Meiliana diamini Bapak Brian.

Sementara Ketua Program GE Antikorupsi Binus University, Doktor Antonius bersama timnya memberikan pertanggungjawaban segala hal terkait dengan pelaksanaan Program GE di Binus University. Menurut Bapak Antonius, pihaknya sudah hampir merampungkan laporan akhir kegiatan GE di Binus University yang dalam implementasinya melibatkan banyak pihak baik dari dalam maupun dari luar kampus Binus.

Dari dalam kampus CBDC melibatkan banyak pihak yakni dosen, mahasiswa, BIDC , Binus TV, dan ARC Binus University yang mengembangkan kajian perkuliahan. Sedangkan dari pihak eksternal Tim CBDC telah melibatkan beberapa pihak di antaranya: Pusat MPK-MKWU dan Antikorupsi Universitas Brawijaya Malang, Indonesia Corruption Watch (ICW), dan Pusat Pendidikan Antikorupsi Universitas Paramadina Jakarta.

Menurut Doktor Antonius Gea, materi pendidikan antikorupsi di Binus yang mereka susun telah disosialisasikan kepada mahasiswa dan dosen. Bahkan para mahasiswa Character Building Pancasila di Binus University telah ikut dan terlibat dalam melaksanakan kegiatan proyek atau kampanye antikorupsi di dalam dan luar kampus yakni di sekolah atau di komunitas-komunitas maupun melalui media sosial.

Menurut Doktor Antonius, saat ini pihaknya sedang merampungkan laporan akhir program GE dan progres perkembangan sudah 90 %.

Sementara itu para dosen character building dan mahasiswa yang hadir dalam kegiatan monitoring dan evaluasi ini mengaku mendapatkan pengetahuan baru dan pemahaman baru serta terdorong untuk menghargai nilai-nilai kejujuran, integritas dan respek pada nilai-nilai kebaikan sehingga dapat bertindak adil, jujur dan fair dalam kehidupan baik di dalam kampus maupun di tengah masyarakat (luar kampus).

Program ini berguna untuk memberikan pendidikan dan wawasan antikorupsi yang perlu dilanjutkan dengan melibatkan banyak pihak termasuk masyarakat lain di berbagai wilayah di Indonesia sehingga kesejahteraan bangsa semakin terjamin di masa depan dengan adanya sikap antikoruptif dan perilaku anti korupsi semakin berkurang dalam diri orang Indonesia.

Frederikus Fios