Pentingnya Pancasila bagi Persatuan Indonesia

Merlin (Mahasiswi PPA BCA 47)

2201827351

Negara Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan keanekaragaman suku, etnis, budaya, ras, dan agama. Setiap masyarkat Indonesia pastilah memiliki hak untuk dilindungi, dihargai, dihormati, dan dimajukan oleh negara tanpa memandang perbedaan yang ada. Sulit nyatanya bagi sebuah negara yang berkebudayaan kompleks untuk hidup saling berdampingan. Di negara Indonesia yang majemuk ini, dibutuhkan sebuah pemersatu agar terhindarnya perpecahan dan konflik.

Pancasila sudah menjadi landasan dan pedoman kehidupan bangsa Indonesia bahkan sejak zaman Kerajaan Majapahit. Pancasila merupakan sesuatu yang telah teruji kebenaran, kekuatan, dan kesaktiannya sehingga Pancasila tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bangsa Indonesia sejak dahulu hingga saat ini. Pancasila disebut juga way of life yang artinya Pancasila digunakan sebagai pegangan dan petunjuk arah semua kegiatan dan aktivitas kehidupan dalam segala bidang. Mulai dari kehidupan bermasyarakat sampai dengan jalannya proses pengaturan pemerintahan dan penyelenggaraan semuanya haruslah didasari dengan Pancasila.  Hal ini mengartikan bahwa segala tingkah laku masyarakat Indonesia dijiwai dan didasari oleh kelima sila yang ada dalam Pancasila.

Masing – masing sila dalam Pancasila memiliki makna tersendiri yang tentunya memiliki arti tersendiri. Sila pertama (Ketuhanan Yang Maha Esa ) mengandung nilai saling menghormati dan menghargai antar sesama penganut agama, tidak mempermasalahkan cara beribadah , dan tidak membanding- bandingkan agama mana yang paling benar. Peran pemersatu dalam sila pertama sangatlah kuat adanya. Dikarenakan Indonesia terdiri atas banyak agama dan agama merupakan sesuatu yang sangatlah sentimen, kaum mayoritas bisa saja menindas kaum minoritas dan berujung pada konflik antar agama. Namun dengan adanya pemahaman mengenai sila pertama landasan kehidupan masyarakat Indonesia atau Pancasila , akan tercipta rasa menghormati dan menghargai antar umat beragama. Sila kedua (Kemanusiaan yang adil dan beradab) mengandung nilai- nilai pengakuan yang adil bagi setiap individu dan martabatnya , serta perlakuan yang beradab bagi setiap makhluk di muka bumi ini. Dengan pemahaman sila kedua ini, pelanggaran hak-hak dasar manusia dapat diminimalisir guna menghindari perpecahan dan mencapai persatuan.

Sila ketiga (Persatuan Indonesia) mengandung nilai persatuan pastinya dan juga pengakuan terhadap semboyan Bhineka Tunggal Ika dimana walaupun Indonesia terdiri dari berbagai suku, bangsa , dan agama, Indonesia tetaplah satu kesatuan yang membentuk suatu harmoni kebudayaan yang menjadikan hal tersebut sebagai ciri khas tersendiri bagi Indonesia. Sila keempat (kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan) mengandung nilai kedaulatan , musyawarah merupakan sesuatu yang sangat penting, dan nilai persamaan hak serta kewajiban bagi setiap masyarakat. Dengan pemahaman sila keempat, penanggulangan konflik dapat dilakukan dengan musyawarah, sehingga tidak ada perpecahan dan permasalahan yang berkepanjangan guna mewujudkan Indonesia yang Bersatu. Sila kelima (Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia) menganandung nilai perwujudan keadilan sosial dalam kehidupan sosial bermasyarakat guna terbentuknya nilai pancasilais dalam setiap individu masyarakat untuk mencapai Indonesia yang Bersatu.

Pancasila sangatlah penting untuk diakui, dihormati dan dihargai keberadaannya karena Pancasila tidaklah lahir begitu saja dengan mudah. Melainkan, Ia lahir ditengah kondisi penuh tekanan, gejolak , dan himpitan dari pada penguasa palsu negara Indonesia yang biasa kita sebut dengan penjajah. Pancasila adalah obat yang dibuat oleh para pejuang kemerdekaan untuk dijadikan pijakan dan pondasi yang biasa dikenal dengan pilar – pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila dibuat berdasarkan nilai – nilai yang ada dari Bumi pertiwi kita. Bukan hanya semata untuk provokasi atau penyemangat saja dalam pengusiran penjajah, melainkan untuk tujuan seumur hidup bangsa Indoenesialah , Pancasila itu dirumuskan.

Referensi :

Krisna, A. (2018, Desember 2). Kompasiana. Diperoleh dari https://www.kompasiana.com/alexanderkrisnai/5c03ae5f43322f10e5725303/memaknai-pentingnya-pancasila-dalam-kehidupan-bermasyarakat-dan-persatuan-indonesia

Rahmawati, L. (2013, September 30). liputan 6. Diperoleh dari https://www.liputan6.com/citizen6/read/706890/pancasila-perekat-persatuan-bangsa?related=dable&utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.1&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Fcitizen6%2Fread%2F706890%2Fpancasila-perekat-persatuan-bangsa

Wibowo, S. E. (2017, Agustus 16). Kumparan. Diperoleh dari https://kumparan.com/beritabojonegoro/mengamalkan-nilai-pancasila-untuk-keutuhan-bangsa

  1. Makasih, ini sangat membantu??

    • Baik, terima kasih