Webinar Career Talk: Building Outstanding Personal Branding for Recruitment Interview

Untuk mendapatkan suatu pekerjaan di suatu instansi, kita harus melewati proses lamaran kerja. Lamaran ini disampaikan dalam bentuk wawancara atau biasa sering disebut sebagai interview kerja yang dilakukan oleh dua pihak, pihak perusahaan (recruiter) dan juga pihak pelamar kerja. Didalam proses wawancara ini biasanya kita harus membangun personal branding untuk mendapatkan kepercayaan melalui cara komunikasi kita untuk meyakinkan para perekrut. Nah, Apasih personal branding itu? Kenapa personal branding saat wawancara kerja itu penting?

Semua pertanyaan di atas dijawab pada webinar yang diadakan oleh Aktivis Mentor BINUS Square dibawah bimbingan Program Development Center (PDC)  pada hari Sabtu tanggal 21 Mei 2022 pukul 13.00 WIB dengan mengangkat tema Career Talk: Building Outstanding Personal Branding for Recruitment Interview. Webinar berdurasi 90 menit ini dipandu oleh Angeline sebagai MC, serta menghadirkan pembicara yaitu Kak Atikah Rahmah, salah satu HR Recruitment di Shopee Indonesia.

Melalui event kali ini, peserta berkesempatan untuk mendengarkan insight langsung dari seorang speaker berpengalaman yang berprofesi di divisi HRD. Beliau merupakan seorang perekrut karyawan di instansi tempat ia bekerja. Pada sesi penyampaian materi, pembicara membagikan pengalaman yang ia dapat selama ia menjadi seorang perekrut, tentang apa yang dinilai oleh seorang recruiter dari seorang pelamar kerja, apa yang harus dipersiapkan seorang pelamar sebelum proses wawancara dan bagaimana menghadapi tantangan yang diberikan oleh perekrut ketika masa wawancara berlangsung. Pembicara juga menjelaskan etika dan sikap yang benar ketika wawancara agar dapat memberikan kesan pertama yang baik di mata perekrut. Di akhir sesi pemaparan materi, pembicara memberikan highlight kepada peserta bahwa “First Impression is Everything” dimana kesan pertama berperan paling penting dalam setiap proses penilaian calon karyawan.

Para peserta memberikan respons positif dengan antusias bertanya pada sesi QnA terkait dengan tema event. Event kemudian ditutup dengan dokumentasi dan pengisian exit ticket pada akhir acara. Webinar ini diikuti oleh sekitar 30 peserta mahasiswa Binus, dan diharapkan melalui event ini, para peserta dapat mempersiapkan diri dengan matang dalam menghadapi interview dan memperbesar peluang peserta untuk lolos seleksi sehingga para peserta webinar ini dapat diterima di perusahaan idaman atau incaran mereka.

Luise Anthonia Alkins