“From Zero to Cuan: How to Start Profitable FnB Business” House of Ventura

Bidang bisnis food and beverage (FnB) merupakan salah satu sektor bisnis yang paling marak di Indonesia. Café, restoran, toko kopi, hingga cemilan terus menjamur dan tidak hentinya berinovasi. Hal ini menunjukan bahwa bisnis food and beverage merupakan peluang yang besar dalam pasar bisnis dan juga menghasilkan keuntungan. Tidak heran banyak anak muda yang tertarik untuk terjun dalam bisnis food and beverage, termasuk boarder BINUS Square yang tergabung dalam House of Ventura. Pada Event kali ini, BINUS Square mengundang dua pembicara yaitu Ibu Susan Djuniwar dan Kak Nicholas Joel Santosa. Ibu Susan adalah pemilik dari café yang ada di BINUS Square yaitu GOOD MOMENTS CAFÉ. Selain itu Ibu Susan juga memiliki banyak restoran dan bisnis FnB lainnya. Sementara Kak Nicholas adalah putra dari Bu Susan yang juga mengikuti jejak ibunya dengan membuka bisnis FnB. Kak Nicholas juga merupakan alumni BINUS University dari jurusan Hotel Management.

Event ini dilaksanakan pada hari Jumat, 22 Maret 2027 dan bertempat di Good Moments Café agar boarder dapat merasakan langsung suasana café tersebut. Setelah seluruh peserta hadir, acarapun dibuka oleh boarder yang menjadi MC yaitu Felicia Susanty yang menjelaskan tujuan acara hari ini. Event dilanjutkan dengan sesi talkshow dengan Bu Susan dan Kak Nicho oleh moderator yang juga boarder yaitu Rayshella Angelina Djifri. Pada sesi talkshow ini, moderator menanyakan pertanyaan-pertanyaan terkait bagaimana memulai bisnis FnB, hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan, cara berpromosi, dan lain sebagainya. Bu Susan dan Kak Nicholas pun membagikan ilmu mereka dan memberikan penjelasan yang mudah dipahami boarder yang masih pemula dalam bidang bisnis.

Event dilanjutkan dengan sesi QnA, dimana para boarder dapat bertanya langsung kepada kedua pembicara. Banyak pertanyaan dari boarder dan semua pertanyaan yang disampaikan sangat bagus dan menunjukkan bahwa boarder Ventura sudah mulai memiliki rencana untuk memulai bisnis mereka. Bahkan terdapat boarder yang sudah memiliki konsep dan planning untuk bisnisnya namun belum mengetahui langkah pertama apa yang harus dilakukan untuk memulai bisnisnya. Pembicara pun memberikan tips dan meyakinkan peserta untuk berani memulai bisnisnya. Para peserta yang bertanya diberikan coklat sebagai apresiasi berani telah mengajukan pertanyaan mereka.

Setelah tidak ada lagi pertanyaan dari peserta, acara dilanjutkan dengan foto bersama dan pengisian kuesioner evaluasi. Event kemudian ditutup oleh MC namun belum selesai karena dilanjutkan dengan food tasting menu dari Good Moments Café. Sebelumnya boarder sudah dipersilahkan memilih minuman yang mereka inginkan seperti GM coffee, thai tea, atau berry tea. Sementara untuk makanan dinikmati secara sharing dengan menu spaghetti, crunchy chicken sandwich, dan chesee chicken burger. Bagi boarder yang berpuasa sudah dipersiapkan kotak makan sehingga mereka dapat mengambil dan menikmati makanan dan minumannya pada saat berbuka nanti. Diharapkan dengan event ini, boarder menjadi semakin berani dan memiliki gambaran lebih jelas untuk membuka bisnis mereka.

Laksita Nastiti Diwasasri