Workshop ‘Find Your Phonegraphy Style’

Program Development Center PDC BINUS Square menyelenggarakan Workshop dari House Of Clipa yang berjudul “Find Your Phonegraphy Style” sebagai rangkaian kegiatan Squarefest 2023 yang merupakan acara perayaan ulang tahun BINUS Square ke-13 tahun. House Of Clipa adalah suatu program peminatan yang berfokus pada minat seni & budaya, untuk pembahasan event kali ini yaitu tentang seni melukis dengan cahaya (Fotografi). Workshop yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 November 2023 pada pukul 14.00 WIB di BINUS Square berfokus membahas fotografi menggunakan kamera handphone serta bagaimana teknik pengambilan gambar dengan baik supaya hasil foto menjadi lebih maksimal dan berkualitas.

Dimasa sekarang ini, banyak orang yang gemar berfoto dan membagikan moment tersebut melalui social media. Tujuan pada kegiatan ini adalah supaya peserta memahami teknik pengambilan foto menggunakan handphone, maka dari itu PDC menghadirkan pembicara pada workshop kali ini seorang praktisi dibidang fotografi sudah lebih dari 7 tahun, yaitu kak Stefanus Randy Bagas Wicaksana. Kegiatan workshop pun sangat memberikan wawasan baru kepada peserta, karena tidak hanya teori yang diberikan seperti cara mengatur fokus, mengaktifkan fungsi grid, serta posisi angle yang benar, tetapi ada sesi praktek dimana seluruh peserta akan dipandu langsung oleh kak Bagas.

Selesai teori, seluruh peserta melakukan praktek secara mandiri dengan diberikan arahan objek mana yang boleh di ambil, seperti objek bunga, serangga, gedung, kolam renang, dsb. Peserta diberi waktu selama 20 menit untuk mengambil foto melalui handphone mereka masing-masing. Pada akhir sesi praktek, peserta menunjukan hasil foto mereka serta memberikan judul foto yang mereka ambil dan harus relevan dengan objek pada foto. Selanjutnnya kak Bagas memberikan penilaian dan memutuskan pemenang foto terbaik untuk dapat diberikan hadiah kepada para pemenang, tidak lupa seluruh peserta diberikan masukan terkait hasil & judul foto mereka masing-masing.

Harapan dari kegiatan workshop Find Your Phonegraphy Style adalah para peserta bisa mengembangkan bakat mereka dalam teknik pengambilan foto menggunakan handphone, karena setiap peserta pastinya sudah memiliki handphone dan mereka dapat mengabadikan moment terbaiknya masing-masing, pada workshop inilah mereka bisa lebih mendalami teknik foto menggunakan handphone.

Ade Wibayu