Training Public Speaking “Dare To Speak Up”

        Public Speaking adalah seni/kecakapan berbicara di depan umum dengan tujuan untuk mempresentasikan atau menyampaikan sesuatu. Public speaking ini merupakan sebuah soft skill yang sangat penting untuk dipelajari oleh semua orang, termasuk mahasiswa. Sebagai mahasiswa, public speaking harus terus dilatih agar dapat menyampaikan gagasan secara jelas di depan para audience. Sudah tidak diragukan lagi banyak sekali manfaat public speaking bagi mahasiswa. Untuk itu, kemampuan public speaking harus dilatih sedini mungkin.

              Untuk meningkatkan skill Public Speaking para mahasiswa yang tinggal di BINUS Square, Program Development Center (PDC) – BINUS Square mengadakan event Public Speaking yang bertemakan “Dare To Speak Up” pada tanggal 24 Oktober 2023 pukul 19.00 – 21.00 WIB yang berlokasikan di Oak Room BINUS Square Hall of Residence. Peserta yang hadir tentunya para boarder atau mahasiswa yang tinggal di BINUS Square serta ingin mendalami soft skill terkait prinsip dasar yang perlu dimiliki oleh seorang public speaker, mengetahui arti dan tujuan public speaking, serta metode yang digunakan dalam public speaking itu sendiri. Pembicara kali ini yaitu kak Sita dan kak Cecil dari team Program Development Center. Di awal sesi, kak Sita mulai membuka acara serta memandu ice breaking untuk mencairkan suasana serta membantu peserta dalam berkenalan satu sama lain kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan “Mitos atau Fakta dalam Public Speaking” sebagai pengantar dari materi inti yang disampaikan oleh kak Cecil. Dalam sesi ini, kak Cecil menyampaikan perihal hal-hal dasar yang perlu diperhatikan oleh seorang public speaker, mulai dari persiapan materi, body language, serta penguasaan panggung. Sesi pemaparan ini kemudian ditutup dengan sesi praktek dimana setiap peserta diminta untuk maju dan membawakan materi presentasi mereka yang telah mereka persiapkan sebelumnya.

            Di akhir kegiatan, tidak lupa dilakukan foto bersama sebelum acara ditutup dan harapan dari kegiatan ini tentunya sangat memberikan kesan yang positif dan terus memotivasi peserta untuk terus semangat belajar dalam meningkatkan soft skill mereka untuk berani berbicara didepan umum.

Ade Wibayu