Metamorphose 2023 ‘Internship Preparation’

Interneship Program merupakan salah satu enrichment program 3+1 yang dapat dipilih oleh setiap mahasiswa/i BINUS khususnya Binusian 2025 dan 2026. Dalam rangka mempersiapkan para boarder yang akan memilih Internship Program atau magang, Program Development Center – Binus Square (PDC) kembali mengadakan kegiatan Program Metamorphose 2023 dengan tema “Internship Preparation” yang bekerjasama dengan team BINUS Internship Center sebagai narasumber. Event ini diselenggarakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 16 dan 18 Oktober 2023 yang diadakan pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Pada hari pertama, peserta diberikan pembekalan terkait persiapan apa saja yang harus dipahami sebelum menghadapi wawancara kerja. Sesi ini dibawakan secara menarik oleh narasumber dengan mengemas topik yang diangkat menggunakan aktivitas yang dibuat secara berkelompok sehingga para peserta semakin interaktif sejak awal sesi pembekalan. Setelah penjelasan terkait persiapan wawancara kerja, materi dilanjutkan dengan pembahasan terkait tips grooming dan bedah CV.

Pada hari kedua, kegiatan diawali dengan pemaparan materi dari pembicara terkait persiapan diri sebelum wawancara kerja, dan yang sangat menariknya, terdapat sesi role play dimana peserta akan ditanya oleh interviewer terkait perkenalan diri, kelebihan & kekurangan, pengalaman organisasi, dsb. Tidak lupa seluruh peserta diberikan masukan setelah kegiatan role play sehingga peserta mendapatkan kepercayaan diri dalam menjawab pertanyaan saat wawancara kerja nantinya.

Harapan dari kegiatan ini tentunya sangat bisa membantu peserta yang hadir baik dihari pertama maupun di hari kedua, karena mereka diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman wawancara kerja mulai dari persiapan sebelum wawancara, saat wawancara, maupun selesai wawancara. Didukung dengan penjelasan yang sangat lengkap dan detail dari team BINUS Internship Center.

Ade Wibayu