Amazing Race: Wisata Edukasi

Sebagai penutupan masa tugas aktivis BINUS Square, para aktivis akan mengadakan kegiatan sosial yang bervariasi setiap tahunnya. Pada tahun ini kegiatan sosial ini berupa Amazing Race: Wisata Edukasi yang diadakan pada 15 Juli 2023 lalu. Event ini dijalankan oleh para Aktivis BINUS Square dari seluruh peran yaitu Floor Coordinator, Academic Ambassador, dan BSSC Senior Staff periode 2022-2023. Para kesempatan kali ini para Aktivis mendampingi kelompok anak bimbingan belajar Teach for Indonesia (TFI) dan anak-anak lingkungan sekitar BINUS Square berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tujuan wisata ini dipilih agar anak-anak dapat bermain sekaligus belajar mengenai Indonesia dan budayanya secara langsung. Dengan demikian kegiatan ini bukan hanya menyenangkan tapi juga bermanfaat bagi mereka.

Sebelum berangkat para peserta dibagikan paket sarapan terlebih dahulu agar lebih bertenaga dan siap untuk melakukan kegiatan Amazing Race: Wisata Edukasi, menjelajahi anjungan yang ada di TMII. Seluruh peserta kegiatan berangkat pada pukul 8.30 pagi menggunakan dua buah bus BINUS Square. Sejak persiapan berangkat, terlihat anak-anak antusias dengan saling mengobrol dan berfoto di area BINUS Square.

Sesampainya di TMII, peserta anak-anak dibagi menjadi 4 kelompok dan mendapatkan pendamping dari Aktivis, masing-masing 4 orang aktivis ditiap kelompoknya. Setiap kelompok mendapatkan tujuan wajib yaitu 1 anjungan dan 1 museum untuk diekplorasi.

Pada kedua area tersebut, aktivis akan menjelaskan (story telling) mengenai budaya dan ciri khas dari daerah tersebut kepada anak-anak kelompoknya. Usai memenuhi anjungan dan museum wajib, beberapa kelompok melanjutkan eksplorasi ke anjungan dan museum lainnya dan juga menikmati mobil keliling gratis yang disediakan TMII.

Memasuki jam 12 siang, aktivis dan anak-anak diminta berkumpul di Museum Penerangan untuk makan siang, istirahat, dan sholat. Setelah selesai beristirahat, dilakukan permainan singkat dimana ditanyakan pertanyaan-pertanyaan terkait budaya Indonesia yang telah mereka pelajari saat berkeliling TMII. Tidak disangka-sangka, anak-anak sangat antusias dan mampu menjawab dengan benar hampir semua pertanyaan yang diberikan.

Acara kemudian ditutup dan dilanjutkan dengan perjalanan pulang Kembali ke BINUS Square. Anak-anak terlihat gembira sekaligus lelah sehingga banyak yang tertidur sepanjang perjalanan pulang. Diharapkan kegiatan ini menambah pengalaman edukasi bagi anak bimbingan belajar TFI dan anak-anak lingkungan sekitar BINUS Square dan memotivasi para Aktivis BINUS Square untuk terus mengembangkan kepedulian sosial mereka ke lingkungan sekitar.

Laksita Nastiti Diwasasri, M.Psi., Psikolog