Storytelling Seminar & Competition

Storytelling Seminar & Competition adalah acara yang diadakan di BINUS Square pada tanggal 17 Juni 2023, yang diselenggarakan oleh sekelompok aktivis BINUS Square, yang terdiri dari  Maria Gabriella dan Steven Christian Santosa dari Senior Committee BSSC, Roger Gibson dari Academic Ambassador (AA), dan Flora Novianti Wongso dari Floor Coordinator (FC). Konsep utama acara ini adalah peserta diberikan materi mengenai storytelling kemudian membuat video berdurasi maksimal 3 menit dimana peserta menceritakan suatu topik untuk dilombakan. Tujuan dari acara ini adalah memgembangkan serta menguji kemampuan storytelling para peserta.

Acara dimulai pukul 19.30 WIB dengan pembukaan dari MC dan dilanjutkan dengan sesi materi dari Ibu Imung Hikmah selaku pembicara seminar storytelling. Sebelum memulai materi, Ibu Imung bertanya mengenai hal yang diketahui peserta tentang storytelling. Setelah itu,peserta diminta untuk mengakses padlet yang berisikan vote mengenai topik-topik storytelling yang paling diminati oleh peserta.

Selanjutnya Ibu Imung melakukan interaksi tanya jawab kepada peserta agar peserta lebih aktif sambil menguji pemahaman peserta mengenai materi yang dibawakan. Dalam kegiatan seminar ini, peserta juga diajak untuk melakukan gerakan yang berkaitan dengan materi agar lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Setelah Ibu Imung selesai membawakan materi seminar, MC membacakan ketentuan lomba dan menyampaikan briefing pengumpulan video storytelling yang diadakan oleh tim kami. Saat sesi briefing berlangsung, para peserta dibagikan snack oleh panitia untuk dikonsumsi.

Setelah MC menyampaikan informasi kompetisi, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan merchandise yang dilakukan oleh Kak Cecilia sebagai perwakilan dari Program Development Center (PDC) BINUS Square kepada Ibu Imung yang telah berbaik hati membawakan seminar dengan baik. Pada bagian penutup, MC mengajak seluruh peserta dan panitia untuk berfoto bersama pembicara sebagai bentuk berakhirnya acara.

Flora Novianti Wongso (2440030916)