House of Ventura “How To Build Your Own Business”

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada hari Rabu, 21 Juni 2023, anggota House of Ventura diajak untuk mengikuti sharing session bertema “How to Build Your Own Business” bersama dengan owner sebuah restoran ramen di daerah Jakarta Selatan. Pada kesempatan ini, peserta sharing session memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman dari kak Willy Jonathan sebagai owner dari Jirokuramen yang saat ini sudah membuka 2 cabang di Jakarta.

Sharing Session dengan tema kali ini dapat membuka pikiran peserta kegiatan bagaimana merintis sebuah bisnis dapat menjadikan peluang untuk menghasilkan uang. Kak Willy memberikan banyak pengalaman seputar dunia bisnis yang ia tekuni sejak duduk di bangku kuliah. Kak Willy menyatakan ada 2 hal penting yang perlu di perhatikan dalam memulai bisnis. Hal pertama adalah mulai lah dari membangun mimpi, tapi mimpi tersebut jangan setengah-setengah dan mengawang-awang. Dalam berbisnis, harus tau apa yang ingin dituju dan akan seperti apa yang nantinya mau diraih. Kak Willy juga memberikan quotes yang diharapkan dapat menjadi pegangan untuk peserta kali ini jika hendak mulai mengeluti dunia bisnis, yaitu “Mimpi setinggi-tingginya, Mimpi jangan nanggung”. Pada saat kak Willy hendak membuka restoran ramennya ini, dia sudah membayangkan bahwa nanti restoran ramen yang dibangunnya ini akan menjadi restoran ramen pertama yang punya nilai rasa yang otentik dan akan memiliki cabang di seluruh Indonesia. Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah diibaratkan superhero, dalam membangun bisnis jadilah selayaknya Avanger. Butuh kerjasama tim untuk memulai sebuah bisnis. Kak Willy merasakan perbedaan ketika ia membangun usahanya seorang diri tanpa bantuan dari tim, dan saat ia bisnis dengan adanya tim. Namun demikian, sebaiknya tidak mencampur adukkan antara bisnis dan pertemanan, karena akan berbeda dan sulit untuk memisahkan sisi pertemanan dan bisnis nantinya.

Setelah kak Willy memaparkan pengalamannya, sesi dilanjutkan dengan tanya jawab seputar ketertarikan peserta atas apa yang telah disampaikan. Pertanyaan yang dilontarkan peserta antara lain: bagaimana cara mendapatkan investor dan bagaimana bersaing dengan kompetitor. Kak Willy menjelaskan untuk mencari Investor mulailah dari yang ruang lingkup yang kecil dahulu dengan mengetahui skala bisnis kita. Jika skala bisnis yang akan dibangun masih tergolong kecil, untuk lanngah awal sebagai Mahasiswa, bisa mengajukan proposal ke orang tua sebagai modal awal. Sementara untuk bersaing dengan kompetitor pegang prinsip mimpi yang tidak nanggung dan cari sesuatu yang belum ada sebelumnya atau bisa juga pengembangan dari yan sudah ada. Yang terpenting adalah mencari keunikan dan yakinkan bahwa apa yang akan dibuat nantinya akan sustain.

Setelah sesi tanya jawab berlangsung, peserta kemudian diajak untuk menikmati ramen dari Jirokuramen dengan menu pelenkap gyoza yang menjadi andalan dari restoran ini. Selama kegiatan berlangsung, peserta tampak antusias mengikuti sesi sharing terlebih ketika ditutup dengan kegiatan mencicipi menu yang disajikan di restoran tersebut. Peserta pun kembali ke BINUS Square bersama.

Aditia Perdana