House of Clipa Ceramics Workshop: “Put Your Thoughts Into Things”

BSQ Housing Program merupakan sebuah program pengembangan mahasiswa yang tinggal di BINUS Square (boarder). Para boarder yang tinggal di BINUS Square dibagi berdasarkan minat dan bakat mereka ke dalam tiga Housing, yaitu House of Clipa (Art & Culture), House of Scientia (Technology & Innovation), serta House of Ventura (Business & Entrepreneur).

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan mengasah jiwa seni anggota House of Clipa, maka PDC BINUS Square mengadakan kegiatan Ceramics Workshop : “Put Your Thoughts Into Things” pada hari Jumat, 16 Juni 2023. Dalam workshop ini, para anggota House of Clipa diajak ke Museum Seni dan Keramik Kota Tua untuk belajar cara membuat keramik. Setibanya di lokasi, peserta Workshop dibagi menjadi 2 tim. Tim pertama dipersilahkan mengerjakan workshop keramik bersama instruktur dari Museum Seni dan Keramik, sedangkan tim kedua diarahkan berkeliling terlebih dahulu di area Museum serta mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan sejarah keramik di Indonesia. Hal ini dilakukan karena adanya keterbatasan peralatan dalam mengerjakan workshop keramik di Museum Seni dan Keramik Kota Tua.

Meskipun saat kegiatan area museum diguyur hujan, para peserta yang terdiri dari member House of Clipa ini tetap semangat dan antusias dalam belajar membuat keramik. Melalui bimbingan dari instruktur, para peserta mulai menuangkan ide pemikiran mereka dari tanah liat menjadi sebuah bentuk tertentu sesuai kreasinya. Setelah proses pembentukan selesai, para peserta diarahkan untuk menghias tanah liat yang telah terbentuk tersebut untuk mempercantik tampilan. Untuk proses akhir adalah proses pewarnaan dan pembakaran keramik oleh pihak Museum, dikarenakan proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan tungku pembakaran yang cukup besar dan panas. Proses akhir ini tidak dilakukan di area Museum melainkan di tempat pembakaran khusus yang bekerjasama dengan pihak Museum.

Setelah seluruh peserta Workshop selesai melakukan proses pembuatan dan menghias tanah liat yang nantinya akan dijadikan keramik, para peserta melakukan sesi foto bersama di depan Museum Seni dan Keramik Kota Tua untuk mengabadikan kenangan dalam petualangan para anggota House of Clipa. Sampai jumpa ya di event-event menarik selanjutnya.

Bernat Konduwes