Mutual Club: Let’s Make Friends

Salah satu keuntungan Binusian tinggal di dormitory BINUS Square adalah dapat memiliki banyak teman dari berbagai jurusan dan angkatan di dalam lingkungan BINUS Square. Namun ada kalanya bagi beberapa orang berteman bukanlah hal yang mudah. Masuk ke dalam lingkungan baru maupun berkenalan dengan teman-teman baru menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Oleh karena itu Program Development Center (PDC) mengadakan kegiatan berupa event Mutual Club : Let’s Make Friends! untuk membantu para boarder yang mengalami kesulitan berteman.

Mutual Club adalah sebuah program Well-being yang dilaksanakan di BINUS Square. Mutual Club merupakan program yang dilaksanakan sebagai wadah berkumpul dan saling berbagi pengalaman atau masalah yang sama yang tengah dihadapi oleh para pesertanya. Tema dari tiap pertemuan dapat berbeda-beda setiap pertemuannya. Melalui program ini diharapkan peserta dapat saling berbagi, mendukung, dan tidak merasa sendiri dalam menghadapi kondisi yang sedang dihadapi. Selain itu diberikan informasi dan materi mengenai setiap tema sehingga peserta tidak hanya saling berbagi pengalaman namun juga mengetahui solusi yang dapat diterapkan.

Mutual Club : Let’s Make Friends! dilaksanakan pada hari Jumat, 24 Maret 2023 dengan diikuti 7 orang Boarder. Event ini dibuka dengan bermain games ice breaking untuk memecahkan ketegangan kemudian dilanjutkan dengan permainan perkenalan diri. Setelah situasi lebih cair dan peserta mengenal satu sama lain, para peserta diberikan materi mengenai bagaimana untuk memulai pertemanan. Sesi ini bersifat dua arah dimana peserta dapat menceritakan pengalaman mereka dalam berteman selama ini.

Setelah para peserta mendapatkan materi mengenai menjalin pertemanan, dilakukan roleplay berkenalan dengan memasangkan para peserta untuk mengobrol. Selama sesi ini terlihat masing-masing peserta berani untuk memulai pembicaraan dan bahkan terlibat dalam percakapan yang seru. Keakraban yang terbangun bahkan berlanjut saat event sudah selesai. Para peserta masih berkumpul dan mengobrol sambal berbuka puasa dengan snack dan minuman yang sudah disediakan oleh PDC. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini para peserta tidak hanya menjadi lebih berani memulai pertemanan namun juga tetap dapat menjaga relasi yang sudah terbangun dengan sesama peserta event.

Laksita N. Diwasasri, M.Psi, Psikolog