Designing Your Study Habit “Menghadapi Kejenuhan dalam Belajar”

Prestasi seorang mahasiswa dalam bidang akademik tidak lepas dari pola belajar mereka dan cara mereka menghadapi kejenuhan dalam belajar. Pola belajar merupakan sebuah habit yang perlu dimiliki dan dikembangkan sejak dini. Oleh karena itu, pada hari Selasa, 21 Maret 2023 yang lalu Program Development Center – BINUS Square (PDC-BINUS Square) mengadakan sebuah talkshow dengan tema “Designing Your Study: Menghadapi Kejenuhan Dalam Belajar” dengan mengundang Kak Arfi dari unit Student Development Center (SDC) BINUS University.

Dalam talkshow ini, kak Arfi menceritakan pengalamannya ketika menjalani perkuliahan dimana pada awalnya kak Arfi tidak mempunyai study habit / kebiasaan untuk mengatur pola belajar. Pada masa itu, kak Arfi mengalami kegagalan dalam study dan sempat drop out dari perkuliahan. Beberapa waktu kemudian, Kak Arfi mulai memperbaiki diri dan mulai membangun kebiasaan belajar yang baik sehingga kak Arfi dapat menyelesaikan S1 dan kemudian lanjut S2 dengan mengambil beasiswa LPDP.

Menurut kak Arfi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun study habit. Pertama, kita perlu menemukan lokasi-lokasi belajar yang menurut kita nyaman bagi kita, seperti perpustakaan, café, ruang belajar kampus, dll. Mungkin saja lokasi-lokasi belajar tersebut akan berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung kenyamanan masing-masing orang. Kedua, menggunakan beberapa metode belajar seperti belajar selama 1 jam dan istrahat 15 menit. Dengan menerapkan kedua hal ini, harapannya para mahasiswa akan lebih dapat mengatur pola belajar dan meningkatkan prestasi akademik mereka di bangku perkuliahan.

Bernat Konduwes