Workshop ‘Fitness Class 101’

Pada hari Jumat, 17 Maret 2023 telah dilaksanakan acara Workshop ‘Fitness Class 101’ yang diadakan oleh Aktivis BINUS Square. Kegiatan ini berlokasi di Exhibition Hall dan Gym BINUS Square. Acara ini bertujuan untuk mengajarkan basic steps fitness, sekaligus mengajak para boarder yang tidak terbiasa menggunakan gym untuk berani mencoba menggunakan fasilitas gym yang tersedia di BINUS Square. Panitia mengundang Atikah Rahma Hakim, atau lebih sering disebut Coach Tika, sebagai pembicara pada acara “Fitness Class 101” ini. Sejak tahun 2016, Coach Tika bekerja sebagai seorang private fitness coach yang terspesialisasi pada functional and strength training serta weight loss training.

Acara ini dibagi ke beberapa sesi, mulai dari ice-breaking session bersama dengan para peserta yang dilanjutkan dengan sesi materi yang dibawakan oleh Coach Tika.

Materi yang dibawakan sangat bervariasi, mulai dari alasan kenapa fitness itu penting bagi kita, macam-macam latihan fitness yang dapat dilakukan, serta alat-alat yang dapat kita pakai saat berada di gym. Materi yang dibawakan oleh Coach Tika juga menjelaskan kegunaan dari fitness terhadap tubuh, macam-macam latihan dan gerakan fitness, serta alat yang digunakan untuk menunjang kegiatan berolahraga. Setelah sesi materi bersama dengan Coach Tika berakhir, peserta diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait materi kepada pembicara.

Setelah sesi QnA selesai, para peserta dan pembicara berjalan menuju gym dimana mereka akan mempraktekan secara langsung 7 primal pattern movements dengan arahan Coach Tika, yaitu squat, lunge, bend, twist, pull, push, dan gait. Pembicara mengarahkan para peserta untuk mempraktekkan gerakan-gerakan tersebut bersama-sama dan juga secara bergantian.

Sesi praktek telah selesai dan para peserta kembali diberikan kesempatan untuk bertanya pada pembicara tentang materi yang sudah disampaikan. Setelah selesai, para peserta dan pembicara kembali ke exhibition hall. Setelah sampai pada exhibition hall, MC melakukan penutupan untuk acara Workshop ‘Fitness Class 101’. Kelompok pemenang dari ice-breaking session sebelumnya diberikan kesempatan untuk memilih rasa jus yang sudah dipersiapkan. Acara diakhiri dengan peserta mengisi kuesioner kegiatan, meminum jus dan berfoto bersama.

Kezia Santoso - 2540103162