Empowering the Society (Pengecatan Trotoar)

Pada tanggal 29 Oktober 2022, Teach for Indonesia (TFI) bekerjasama dengan Program Development Center dan BINUS Square mengadakan kegiatan Empowering the Society dalam wujud nyata pengecatan trotoar. Jalur trotoar yang dicat kembali adalah sepanjang trotoar Kampus BINUS Kemanggisan hingga BINUS Square.

Kegiatan dilakukan mulai pukul 06:00 hingga 09:00 pagi. Titik kumpul peserta adalah di depan area Front Office BINUS Square, kemudian briefing dilakukan di area terbuka dekat area ATM BINUS Square. Peserta yang merupakan Mahasiswa BINUS dan Boarder BINUS Square dibagi menjadi 4 kelompok yang masing-masing beranggotakan kurang lebih 15 orang. Masing-masing kelompok kemudian membagi tugas pengecatan. Terdapat mahasiswa yang bertugas mengecat menggunakan warna hitam, dan ada mahasiswa yang bertugas mengecat dengan menggunakan warna putih.

Setelah melakukan kegiatan pengecatan trotoar, peserta memberikan laporan community services. Dalam laporan tersebut, peserta menyebutkan hal yang melatarbelakangi aktivitasnya, tujuan dari aktivitas yang dilakukan, informasi tempat pelaksanaan kegiatan, data waktu dan detail rundown, refleksi pribadi atas kegiatan yang telah dilakukan, dan dokumentasi aktivitas yang termasuk didalam nya surat referensi.

Tujuan diadakannya kegiatan pengecatan trotoar adalah untuk meningkatkatkan kesadaran sosial Boarder melalui suatu bentuk kerja nyata. Dengan pengalaman turun langsung dan berkontribusi bagi masyarakat, Boarder dapat merasakan langsung melakukan hal baik bagi sesama, sehingga kesadaran sosialnya dapat terasah. Pada akhirnya, dampak dari kegiatan ini adalah Boarder mendapat pengalaman menjadi masyarakat yang berdaya sehingga berguna bagi sesama dan negara dalam bentuk kepedulian terhadap fasilitas yang disediakan negara bagi para pejalan kaki.

Naomi Chrisant Wulandari