House of Clipa ‘Redecorate Your Old Stuff’

Pada hari Jum’at tanggal 30 September 2022, House of Clipa mengadakan kegiatan workshop melukis bersama bertajuk “Redecorate Your Old Stuff”. House of Clipa adalah Housing di Binus Square yang berfokus pada penyelenggaraan program dan kegiatan seni dan budaya. Dalam kegiatan Redecorate Your Old Stuff, anggota House of Clipa atau biasa disebut Clipartist dapat melukis bersama di media fabric seperti sepatu canvas, tote bag canvas, baju, jaket dan lain sebagainya.

Peserta workshop dapat melukis dengan media yang dibawa sendiri, maupun yang telah disediakan oleh panitia seperti totebag maupun kain perca. Peserta diberikan contoh gambar-gambar yang mungkin diaplikasikan, namun selanjutnya dibebaskan untuk memilih menggunakan gambar-gambar contoh yang telah disediakan maupun mencari inspirasi sendiri yang kemudian dituangkan dengan sketsa menggunakan pensil. Kemudian, proses dilanjutkan dengan melukis menggunakan cat akrilik yang diaplikasikan dengan kuas akrilik. Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan mengisi kuesioner kegiatan sebagai feedback untuk dilaksanakannya workshop kreatif di masa mendatang.

Dalam kegiatan ini, para peserta diasah untuk mengembangkan daya kreativitas mereka untuk mengubah barang-barang yang tidak lagi mereka pakai memiliki warna dan wajah baru sesuai karya mereka masing-masing sehingga dapat kembali dipakai dan memiliki nilai tambah tersendiri. Dari kegiatan ini diharapkan peserta dapat memiliki inisiatif untuk menuangkan karya-karya mereka di barang-barang bekas.

Naomi Wulandari