Familia de Scientia Belajar “Getting to Know Web Development”

Di jaman serba teknologi sekarang ini, perusahaan membutuhkan seorang web developer untuk merancang website yang cocok untuk keberlangsungan bisnisnya. Untuk membekali Boarder dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja, House of Scientia sebagai salah satu program Housing yang berfokus pada teknologi dan inovasi mengadakan acara Familia de Scientia Belajar “Getting to Know Web Development” secara onsite yang diadakan hari Rabu, 28 September 2022 di ruang Oak Room, BINUS Square. Pembicara kegiatan ini adalah seorang alumni Boarder bernama Jason Halim, seorang Front End Developer di Rupa-Rupa.com (Kawan Lama Group).

Acara dimulai dari pembukaan dari MC yang menyapa peserta dilanjutkan sesi perkenalan pembicara. Ketika sesi dimulai, Jason menyapa peserta terlebih dahulu lalu menjelaskan sedikit tentang perjalanan dirinya dari seorang mahasiswa hingga saat ini bekerja di Rupa-Rupa.com. Untuk memudahkan peserta memahami materi yang disampaikan, Jason menampilkan beberapa contoh website yang telah ia buat dan ia juga memaparkan beberapa tips kepada peserta dalam pembuatan website yang menarik. Selain itu, Jason membagikan pengetahuan basic skills seperti Bahasa pemrograman Hyper Text Markup Language (HTML), Java Script (JS) dan Cascading Style Sheets (CSS) yang perlu dipelajari oleh seorang web developer. Selain Bahasa pemrograman, ia juga membagikan tiga platform yang dapat digunakan untuk belajar tentang web developer, informasi kriteria ketrampilan seorang web developer dan lingkup lapangan pekerjaan developer.  Di tengah sesi, ia pun memberikan pertanyaan kepada peserta untuk mengingat kembali materi yang telah disampaikan.

Sebelum kegiatan berakhir, panitia memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya dan pembicara memilih tiga orang penanya terbaik yang berhak mendapatkan hadiah. Di akhir kegiatan, panitia memberikan souvenir kepada pembicara sebagai bentuk apresiasi. Dengan adanya kegiatan ini, peserta diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk memahami peran web developer dari semester awal kuliah hingga nantinya masuk dunia magang atau kerja.

Cecilia Astri