House of Scientia Familia de Scientia Belajar : “Have Fun Go Metaverse”

Sebagai Housing yang memiliki minat pada teknologi dan inovasi, kali ini House of Scientia kembali mengadakan event teknologi dengan tema METAVERSE. Metaverse banyak dibicarakan orang sejak pendiri Facebook, Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaan induk Facebook menjadi Meta dan menciptakan Metaverse. Metaverse digambarkan sebagai simulasi dunia nyata manusia yang diimplementasikan di dunia maya atau internet. Sebagai generasi muda, mahasiswa perlu memahami perkembangan teknologi ini agar kelak siap ambil bagian didalamnya.

Event Familia de Scientia Belajar : “Have Fun Go Metaverse” ini dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Mei 2022 secara online melalui zoom. Sebagai pembicara, event ini mengundang Jun Long yang merupakan CEO dari Jotter production, yaitu sebuah biro desain grafis dan ilustrasi visual yang memiliki klien tersebar di dalam dan luar negeri. Ia juga merupakan seorang sandbox experience builder serta crypto dan NFT enthusiast. Sebagai seorang praktisi yang sudah lama berkecimpung di dunia digital dan metaverse diharapkan akan banyak pengalaman dan pengetahuan yang dapat pembicara bagikan kepada boarder BINUS Square.

Dalam event ini pembicara didampingi oleh dua orang boarder yang berperan sebagai MC sekaligus moderator, yaitu Alessandro Panama dan Daniel Santoso. Pembicara memberikan materi dengan menunjukkan terlebih dahulu contoh-contoh metaverse yang sudah terbangun dari beberapa perusahaan, baik lokal maupun internasional. Pembicara juga memberikan contoh kegiatan dan bisnis yang dapat maupun sudah dilakukan dalam metaverse ini. Dengan sudah memiliki gambaran mengenai bentuk metaverse, materi dilanjutkan lebih dalam mengenai teknologi di balik metaverse seperti perkembangan industry 4.0 dan web 3.0., serta teknologi-teknologi yang diperlukan dalam membangun metaverse.

Pada event ini juga terdapat sesi tanya jawab agar para peserta dapat menanyakan keingintahuan mereka kepada pembicara. Sebagai bentuk apresiasi terhadap peserta, diberikan hadiah kepada 3 orang penanya terbaik. Secara umum event berjalan dengan baik, diharapkan dengan adanya event ini familia de scientia maupun boarder secara umum dapat memperkaya pengetahuan mengenai metaverse serta kelak mampu berkontribusi pada perkembangan teknologi ini.

Laksita Nastiti Diwasasri