Webinar Zoonosis dan Pet First Aid

Manusia telah lama hidup berdampingan dengan hewan. Tak sedikit pula hewan yang bersahabat dengan manusia, sehingga tinggal bersama kita sebagai hewan peliharaan. Akan tetapi, ada berbagai risiko dalam interaksi antara hewan dan manusia, mulai dari risiko penyakit menular hingga luka pada hewan tersebut. Oleh karena itu, pada hari Sabtu, 16 April 2022 pukul 13.00 – 15.00 WIB, Fast Response Community (FARCO), mengangkat webinar dengan tema “Zoonosis dan Pet First Aid”, dengan fokus pada anjing, kucing, dan kelinci.

Webinar ini dibagi menjadi dua sesi utama dengan narasumber yang berbeda. Sesuai dengan temanya, sesi pertama, Zoonosis, mengulas tentang risiko penyakit menular dari hewan ke manusia. Sesi ini dibawakan oleh drh. Anak Agung Putu Joni Wahyuda, M.Si, ketua Persatuan Dokter Hewan Indonesia cabang Sulawesi Selatan. Pada dasarnya, ada berbagai macam penyakit menular yang sudah lama tinggal bersama kita, seperti Rabies dan Anthraks, serta yang paling relevan saat ini adalah COVID-19. Sayangnya, tingkat kesadaran dan wawasan masyarakat tentang risiko Zoonosis masih sangat rendah. Oleh karena itu, perlu upaya dari pemerintah untuk mengedukasi masyarakat, mempertimbangkan risiko Zoonosis yang dipercaya akan memengaruhi kehidupan manusia ke depannya.

Sementara itu, sesi kedua yaitu, Pet First Aid, dibawakan oleh drh. Zulfikar Basrul Gandong, M.Sc., Dokter Hewan Karantina di Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Ambon. Sesi Pet First Aid membahas cara penanganan pertolongan pertama pada hewan peliharaan yang mengalami luka atau kecelakaan. Tak hanya membahas teknik-teknik pertolongan pertama, drh. Zulfikar juga menjelaskan tentang pentingnya menjaga kesejahteraan hewan peliharaan serta menyemangati etika dalam memelihara hewan. Sama seperti manusia, hewan memiliki emosi-emosi seperti senang dan sedih, serta dapat merasakan sakit. Maka sudah sewajarnya manusia menjaga hewan peliharaan dengan kasih sayang.

Semoga webinar ini dapat meningkatkan kesadaran Binusian tentang risiko penyakit menular dan cara memberikan pertolongan pertama pada hewan peliharaan. Terlepas dari risiko yang ada, webinar ini diharapkan dapat memotivasi teman-teman Binusian agar lebih menyayangi hewan peliharaannya dan mengetahui hal-hal yang boleh, ataupun tidak boleh dilakukan. Mari kita sayangi hewan peliharaan kita, karena mereka adalah sahabat manusia.