Webinar “Living Abroad: A Journey in Osnabruck, Germany”

Belajar ke luar negeri dengan mendapatkan beasiswa menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap orang. Selain untuk meningkatkan ketrampilan Bahasa Inggris, kesempatan belajar di luar negeri juga mendorong kita untuk dapat lebih mengenal budaya yang berbeda, memperluas networking, menerima pandangan terbuka dari orang lain, dan juga mengasah kemampuan adaptasi kita. Pengalaman tersebut mungkin juga dirasakan oleh Mahasiswa Indonesia yang tinggal di sebuah kota kecil di negara Jerman seorang diri.

Hal itulah menjadi landasan topik untuk kegiatan Webinar “Living Abroad: A Journey in Osnabruck, Germany” yang diselenggarakan oleh Program Development Center (PDC) BINUS Square pada hari Selasa, 15 Maret 2022 melalui ZOOM. Dalam acara ini, PDC mengundang seorang Alumni BINUS yang sedang melanjutkan sekolah S3 sekaligus bekerja sebagai seorang peneliti bernama Dini Pratiwi. Acara ini dipandu oleh dua orang Aktivis BINUS Square dibawah bimbingan PDC sebagai MC yaitu Hillary dan Janette.

Saat sesi webinar berlangsung, Pembicara terlebih dahulu memperkenalkan diri dan melanjutkan kisahnya tinggal di kota Osnabruck, Jerman. Ia menjelaskan bahwa cara paling sopan dalam berkomunikasi dengan orang Jerman adalah melalui email. Bagi orang Jerman, menjaga privasi adalah hal penting. Berkomunikasi melalui handphone atau sosial media seperti yang dilakukan di Indonesia bukanlah hal yang umum. Pembicara juga menyampaikan beberapa tempat yang bisa menjadi lokasi perbelanjaan untuk mencari bahan makanan dari Asia. Selain itu, ia juga menyampaikan beberapa informasi terkait aktivitas maupun aturan yang berlaku di tempat umum saat masa pandemi sekarang ini, salah satunya wajib melakukan tes antigen.

Pada kegiatan ini, MC juga mengajak peserta untuk mengikuti kuis yang disiapkan oleh panitia. Selain menjawab pertanyaan, peserta diajak untuk mengulang password secara lisan yang dituliskan terlebih dahulu di kolom komen oleh MC sebagai bentuk dukungan panitia agar peserta lebih berani berbicara Bahasa Inggris.

Dengan mengikuti acara ini diharapkan peserta mendapatkan wawasan mengenai cara menghadapi perbedaan budaya yang sangat siginifikan dan bagaimana melakukan adaptasi secara cepat. Selain itu juga bisa mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan apabila ingin melanjutkan sekolah di luar negeri. Pembicara, panitia dan peserta melakukan foto bersama sebagai tanda acara webinar ini telah selesai.

Cecilia Astri - PDC BINUS Square