Workshop Korean Cake “Smooth Like Butter”

Pada tanggal 5 Maret 2022, diadakan sebuah workshop yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan para partisipan mengenai sebuah bisnis yang sedang trend di masa sekarang yaitu bisnis Korean Cake. Kue lucu yang didesain seunik mungkin hingga menarik perhatian banyak orang akhir-akhir ini sedang trend di Indonesia. Kali ini, aktivis Binus Square dibawah bimbingan Program Development Center mengadakan workshop bertema Korean Cake “Smooth Like Butter”. Pada workshop ini, tidak hanya bercerita mengenai bisnis dan korean cake, tetapi kita juga melihat langsung proses pembuatan korean cake yang dibawakan oleh owner dari @lafarinepatisserie yaitu Kak Catherine.

Pada workshop ini, peserta seperti dibawa ke dapur dimana kita melihat langsung pembicara membuat korean cake dari awal hingga selesai sambil menjelaskan langkah-langkah dan hal-hal lain yang diperlukan selama proses pembuatan. Tidak hanya melihat proses pembuatannya, peserta juga diizinkan menanyakan hal-hal seputar pembuatan korean cake maupun bisnis yang sedang pembicara jalankan. Pembicara juga berinteraksi langsung dengan peserta seperti menanyakan warna yang ingin digunakan dalam menghias korean cake tersebut. Tidak hanya memperkenalkan alat dan bahan yang digunakan, pembicara juga memberikan rekomendasi kepada peserta.

Mengenai bisnis, pembicara bercerita bagaimana ia memulai bisnis korean cake-nya tersebut yang berawal dari hobi membuat kue dan ketertarikannya dalam menggambar. Pembicara juga memberikan banyak masukkan kepada peserta tentang cara mendapatkan ide-ide kreatif yang sangat dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, khususnya bisnis korean cake. Setelah kurang lebih 1 jam 30 menit, sebuah korean cake bertingkat selesai dibuat. Para peserta dibuat takjub dengan kemampuan pembicara yang dapat menyelesaikan korean cake yang indah dalam waktu singkat. Kak Catherine selaku pembicara pun mengungkapkan bahwa kemampuan itu tidak datang begitu saja, namun disertai dengan kesabaran untuk terus berlatih dan berlatih.

Melalui acara ini, harapannya adalah para peserta dapat menambah wawasan dan mendorong peserta untuk mengembangkan minat dan daya kreatifitasnya untuk membuat korean cake sendiri. Para partisipan juga didorong untuk berani menyalurkan bakatnya di dunia bisnis, seperti yang dilakukan pembicara kita yaitu kak Catherine.

Angelita Febriani Debora Regar