Boarder’s Financial Planning : Jangan Fokus di Satu Aset Aja Gais!

Pada 7 Mei 2021 pukul 19:00 WIB, dibawah pembinaan BINUS Square dan Program Development Center, Activist BINUS Square mengadakan event kolaborasi bertemakan topik yang sedang hangat dibicarakan kaum muda saat ini yaitu investasi dan pengaturan asset. Event kolaborasi Activist kelompok 3 ini bertajuk “Boarder’s Financial Planning : Jangan Fokus di Satu Aset Aja Gais!”.
Dalam acara ini, pembicara yang memaparkan materi merupakan seorang professional di bidangnya, Research Analyst dari perusahaan Ternak Uang yaitu Kak Axel Efraim. Acara dimulai dari MC yang merupakan boarder BINUS Square Arjuna Accha Dipa menyambut peserta acara sekaligus membacakan CV pembicara. Selanjutnya Kak Axel memaparkan materinya yang sangat inspiratif dengan pembawaaan yang sangat komunikatif, membuat informasi dan ilmu-ilmu pengaturan finansial yang mungkin bukan bahasa atau bahasan sehari-hari dapat dipahami dan menarik bagi peserta. Hal ini ditunjukkan dari banyaknya pertanyaan terkait materi. Kak Axel juga menceritakan pengalamannya menjadi financial Advisor untuk klien dari segala umur, dan hal-hal yang bisa dipetik dari pengalam-pengalamannya. Materi informasi yang diberikan juga sangat informatif dan aplikatif khususnya bagi mahasiswa dengan keuangan yang terbatas, namun bisa mendapat gambaran pentingnya mengatur keuangan yang saat ini kita punya, bahkan menyisihkannya untuk memikirkan asset yang bisa berguna di masa depan. Pemaparan materi juga menginformasikan sisi psikologsis seseorang dalam mengatur keuangannya, jangan sampai menggangu mental atau berdasarkan perasaan yang menggebu-gebu melainkan harus dengan analisa dan perhitungan yang baik. Hal ini dilakukan karena berinvestasi adalah hal yang sangat berresiko, sementara uang yang kita miliki adalah hasil kerja dimana waktu kita dikorbankan. Kerugian dalam investasi merupakan juga kerugian waktu kerja yang tidak bisa dikembalikan lagi. Untuk itu Analisa harus matang dan tidak boleh sembarangan.
Pertanyaan dari Boarder yang sempat ditanyakan yaitu seputar proporsi pengeluaran, tabungan dan menyisihkan untuk investasi. Cara analisa singkat fundamental sebuah saham, cara magang di Perusahaan Ternak Uang, pengetahuan singkat mengenai Cryptocurrency, alasan-alasan mengapa kita harus memiliki perencanaan keuangan dan lain sebagainya. Setelah sesi materi dan pertanyaan usai, dilanjutkan dengan sesi pengisian kuesiner dan foto bersama. Penyelenggara acara berharap dengan mengikuti acara ini bisa menumbuhkan kesadaran akan pentingnya memiliki perencanaan dan pengaturan asset bagi mahasiswa khususnya Boarder.

Naomi Chrisant Wulandari