Let’s Go Study Abroad: ONLINE VS OFFLINE

Pada 6 Mei 2021 pukul 15:00 WIB, BINUS Square bersama BINUS International office, Program Development Center dan BINUS STAR (Student Transnational Ambassador) menyelenggarakan acara Internasional bertajuk “Let’s Go Study Abroad: ONLINE VS OFFLINE”. Dalam acara ini, ada dua orang pembicara dari mahasiswa yang pernah memiliki pengalaman Study Abroad. Vanessa Louis, Mahasiswi jurusan Computer Science yang pernah study abroad di INHA University, South Korea dan Winston Mardjuki, Mahasiswa Chinese Literature yang pernah study abroad di National Taipei University of Technology, Taipei.
Melalui acara ini, Boarder BINUS Square bisa mendapatkan gambaran langsung dari kedua pembicara mengenai pengalamannya belajar ke luar negeri. Penjelasan dimulai dari pengalaman belajar di Korea Selatan yang terkenal dengan budaya K-Popnya, makanannya dan berbagai budaya popular lainnya. Vanessa menceritakan bagaimana budaya belajar mahasiswa di Korea Selatan yang mahasiswanya tekun dan cepat dalam proses belajarnya. Pergaulannya dengan mahasiswa di kampusnya, dan pengalaman menarik apa saja yang pernah dialaminya. Winston di sesi selanjutnya menceritakan pengalamannya belajar di Taiwan. Ia menceritakan makanan favoritnya ketika di Taiwan, pengalamannya melalui language-gap, dan caranya bergaul serta mengembangkan dirinya selama tinggal belajar di luar negeri. Tidak hanya belajar seputar studinya, peserta juga turut mendengar hal-hal berguna lainnya seperti tips agar belajar kita ke luar negeri bisa meaningful dan tidak sia-sia. Peserta juga mendapat informasi tentang gambaran biaya hidup seperti biaya makan, dormitory, internet fee, dan insurace per semester bagi peserta yang ingin melakukan study abroad.
Acara yang dipandu MC dua orang Boarder BINUS Square yaitu Stefanie Salim dan Laurent Liaonardo sangat mengakomodasi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta sepanjang acara, yang menandakan peserta aktif dan antusias mengikuti webinar ini. Di akhir sesi ada sesi foto bersama dan pengisian kuesioner.

Naomi Chrisant Wulandari