Talk Show Mentor BINUS Square “Working Abroad 101”

Pada hari Sabtu tanggal 23 Januari 2021 laluaktivis Mentor BINUS Square melaksanakan acara talkshow bertema pengalaman kerja di luar negeri yang dirangkum dalam tajuk ‘Working Abroad 101’. Acara ini diikuti oleh 74 peserta yang merupakan BINUS Square boarder dan Binusian non-boarder. Turut hadir 3 pembicara yang sudah terjun langsung di bidang profesional yaitu Saudaranta Tarigan selaku Head of Indonesia Korea Legal Center at Keumseong Law Firm, South Korea, Fadhil Akbar Nu’man yang bekerja sebagai Political and Economic Staff at Embassy of the Republic of Indonesia for Pyongyang, DPR of Korea, dan Vincent Hantanto yang merupakan Product Manager dari perusahaan start-up bernama Hapz di Singapura.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah menambah pengetahuan boarder terkait working lifestyle para lulusan universitas dari Indonesia di luar negeri, menjadi referensi bagi boarder yang hendak atau ingin tahu cara memperoleh pekerjaan impian di luar negeri dan menjadi tolak ukur boarder sebagai bagian dari generasi penerus bangsa untuk menilai dan mengembangkan human resources di Indonesia.

Adapun hal-hal yang disampaikan para pembicara melalui talkshow ini adalah prospek bekerja seperti hal-hal yang perlu disiapkan, hingga pengalaman dan nasihat yang patut diimplementasikan apabila kita ingin atau akan bekerja di luar negeri. Pertama, kita harus memperhatikan track record akademik kita. Nilai memang bukan segalanya, namun itu adalah titik awal yang menentukan perjalanan kita seterusnya. Selain itu, memperkaya soft skill kita melalui aktivitas-aktivitas di luar perkuliahan seperti organisasi ataupun menekuni skill yang kita miliki. Hal ini bertujuan untuk menjadikan kita memiliki keunggulan dari hanya sekedar memiliki prestasi di bidang akademik. Perusahaan atau institusi asing juga mengincar keunikan yang tidak bisa ditemui di banyak kandidat pada umumnya. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kita melakukan research mengenai apa yang dibutuhkan oleh perusahaan atau institusi target kita. Terakhir, meningkatkan karakter disiplin waktu dan bekerja keras agar mampu bekerja di luar negeri.

Pada acara ini, selain sesi talkshow juga ada sesi QnA dari peserta. Dapat dikatakan tidak terlalu banyak peserta yang bertanya, namun jawaban-jawaban yang diberikan oleh ketiga pembicara benar-benar menginspirasi peserta untuk rencana masa depannya.