Webinar ‘Frustation due to Lack of Human Contact while Online Learning? No Problem!’

Pada hari Senin, 21 Desember 2020 kelompok Aktivis BINUS Square mengadakan kegiatan Webinar yang bertajuk ‘Frustation due to Lack of Human Contact while Online Learning? No Problem!’ Latar belakang topik ini diangkat berkaitan dengan realita para mahasiswa yang merasa kesepian karena belajar secara online dari rumah dan tidak bertemu dengan teman-temannya secara langsung. Hal ini memberikan efek yang tidak baik secara mental yang dialami oleh para mahasiswa.

Acara ini mengundang seorang psikolog dan juga Coach professional yaitu Kak Nur Anugerah, M.Psi., Psikolog . Sebelum Kak Nur menyampaikan materinya, sesi dibuka terlebih dahulu oleh Laurencia Feriska sebagai moderator dan mengundang Kak Nur untuk memulai sesinya. Selama 2 jam webinar, Kak Nur banyak sekali memberikan materi-materi bermanfaat untuk peserta dan juga aktivitas bercerita dimana 3 peserta dimasukkan ke dalam breakout room dan peserta menceritakan tentang kekuatan dirinya.

Salah satu materi yang disampaikan oleh Kak Nur adalah PERMA. Perma adalah salah satu teori dari bidang Psikologi Positif.

  • Positive Emotion –> hal apa yang membuat saya merasakan emosi positif. Contohnya: menonton film yang disukai, bermain dengan keluarga  / teman, berolahraga atau jalan-jalan.
  • Engagement –> kegiatan apa yang sangat kamu nikmati sampai lupa waktu. Istilahnya ‘flow’ contohnya berkreasi membuat permainan atau memperbaiki folder foto-foto lama.
  • Relationship –> memiliki hubungan yang positif dengan orang lain. Contohnya : menelepon teman lama dan bertanya kabar atau mengirimkan sesuatu untuk teman.
  • Meaning –> hal apa yang membuat saya merasa berarti? Hal apa yang membuat kita merasa dibutuhkan oleh orang lain. Misalnya: membuat donasi utk membantu orang lain, mengirim paket-paket untuk orang lain, menjadi volunteer dalam suatu organisasi sosial, sharing knowledge.
  • Accomplishment –> Goals apa yang ingin kita capai? Yang pertama perlu dilakukan : membuat to do list, prioritas dan hal apa yang bisa dicapai. Caranya: membuat project-project kecil dari rumah.

Di akhir sesi, moderator membuka sesi pertanyaan kepada peserta dan antusias mereka sungguh tinggi. Sebelum mengakhiri sesi webinar, panitia mengajak peserta untuk berfoto bersama.

Leave Your Footprint

Copyright © BINUS SQUARE. All rights reserved.