Sharing Session ‘How to Market Yourself’

Setiap semester penerima beasiswa dari BINUS Square yang dikenal dengan Aktivis, mengadakan suatu kegiatan untuk membantu sesama Boarder meningkatkan pengetahuan atau ketrampilan. Pada tanggal 4 Desember 2020, satu kelompok aktivis mengadakan acara Sharing Session ‘How to Market Yourself’ dengan pembicara alumni bernama Gary Christian. Saat ini, Gary bekerja sebagai Business Development di perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia. Tujuan dari acara ini adalah peserta bisa mempromosikan kemampuan dan value diri sendiri ke market place.

Acara diawali dengan sapaan dari dua orang MC lalu memperkenalkan pembicara kepada peserta. Di awal presentasinya, Gary menjelaskan sedikit mengenai latar belakang dirinya dari masa kuliah hingga bisa di posisi sekarang. Ia juga memaparkan suatu quote berikut ‘Great marketing only makes a bad product fail faster.’

Maksud dari quote tersebut adalah jangan menjual produk yang buruk kepada orang lain. Ia menganalogikan apabila produk itu adalah diri peserta maka mulailah siapkan diri untuk memperbaiki value mahasiswa dengan IPK yang baik, aktif berorganisasi, tingkatkan softskill dan hardskill serta ia membagikan beberapa tips agar produk / diri ini bisa diterima oleh orang lain seperti mengetahui kelebihan diri sendiri / produk (strength), mengetahui tujuan hidup (purpose & value) dan memiliki cerita yang mampu mengubah kehidupan seseorang terhadap kehidupannya (important / life-changing stories).

Acara ini berjalan dengan lancar dengan pembawaan pembicara yang santai dan bersahabat. Peserta pun tidak ragu untuk bertanya langsung kepada pembicara. Di akhir acara, MC membagikan doorprize kepada peserta dan mengakhiri sesi dengan foto bersama.