Study Abroad Info Session

BINUS University memiliki program unggulan bagi mahasiswa untuk menciptakan lulusan yang kompeten di bidangnya yaitu enrichment program 3 + 1.  Program ini memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk melaksanakan perkuliahan selama 3 tahun dan merasakan praktek langsung di luar kampus selama 1 tahun. Ada 5 jalur yang disediakan oleh pihak BINUS University yaitu magang (Internship), merintis usaha (Business Start-Up), pengabdian sosial (Community Development), penelitian (Research) dan Studi ke luar negeri (Study Abroad).

Jalur terakhir yakni studi ke luar negeri pada umumnya memiliki jumlah minat yang cukup tinggi dari mahasiswa. Oleh karena itu, pihak International Office (IO) BINUS University berkolaborasi dengan Program Development Center (PDC) Binus Square mengadakan acara ‘Study Abroad Info Session’ pada hari Jumat, 27 November 2020 untuk membantu mahasiswa mendapatkan informasi tentang persiapan studi ke luar negeri dan diikuti oleh sekitar 70 orang mahasiswa.

Acara ini tidak hanya penyampaian informasi mengenai hal-hal atau dokumen apa saja yang perlu disiapkan oleh mahasiswa  dari pihak IO namun juga ada sharing session yang dibawakan oleh seorang alumni atau mahasiswi yang sedang / pernah berkuliah di salah satu universitas di negara ginseng. Melinda Lisal, seorang alumni BINUS bercerita pengalamannya berkuliah di Chung Ang University, Korea Selatan. Ia mendapat banyak sekali peningkatan softskill selain berkuliah yaitu mendapatkan sudut pandang baru karena ia bertemu dengan teman-teman dari berbagai negara, belajar mengatur keuangan selama disana dan juga memberikan tips kepada peserta untuk mendapatkan nilai setinggi mungkin. Ia menyampaikan hal tersebut agar peserta memperhatikan konversi perubahan nilai yang didapat saat mereka balik ke BINUS University. Hal yang kurang lebih sama disampaikan oleh Natasha, mahasiswi yang saat ini sedang berkuliah di Kangwon National University, Korea Selatan dan ia menambahkan informasi kesempatan bekerja part-time di Korea Selatan bagi mahasiswa.

Acara ini berjalan dengan lancar berkat 2 orang moderator yang membawakan acara secara menarik. Selain itu, antusiasme peserta dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diberikan. Adanya acara ini diharapkan dapat memfasilitasi keingintahuan mahasiswa yang berminat untuk merasakan studi di luar negeri.