Company Recruitment : What the Recruiter Looks in Candidates

Program Development Center (PDC) BiNUS Square mengadakan sebuah seminar bertema persiapan menghadapi rekrutmen pekerjaan. Kegiatan ini diadakan hari Jumat, 20 November 2020 pukul 17.00 – 19.00 WIB yang diikuti oleh sekitar 80 orang peserta Boarder dan Binusian. Para pembicara yang diundang adalah Bapak Ezra Redo Jawentinus, perwakilan dari tim Rekrutmen Human Capital BINUS dan Ibu Jesseline Claudia, alumni Boarder sekaligus Binusian 18 yang bekerja di salah satu perusahaan e-commerce di Jakarta.

Seminar ini membahas tentang rekrutmen dari dua sisi yaitu pihak rekruter dan pihak pelamar pekerjaan. Bapak Ezra selaku pihak rekruter menyampaikan kepada audiens hal-hal apa saja yang dapat mulai dipersiapkan mahasiswa selama masa kuliah untuk mendukung proses melamar pekerjaan nantinya. Selain itu, ia juga menceritakan poin-poin yang dilihat dari seorang kandidat untuk posisi tertentu dan bagaimana proses rekrutmen berlangsung.

Dilihat dari sisi pelamar pekerjaan, Ibu Jesseline menceritakan awal ia pertama kali menghadapi proses rekrutmen adalah saat ia mendaftar magang hingga dapat pekerjaan di perusahaan tempat ia bekerja sekarang. Selain itu, peran IPK, hardskill juga softskill memiliki peran sama penting. Oleh karena itu, ia memberikan tips apa yang mahasiswa bisa lakukan untuk mendapatkan IPK yang baik, memiliki softskill dan hardskill seperti aktif mengikuti kegiatan organisasi, berlatih dan mencari tahu skill-skill lain.

Seminar yang berlangsung selama 2 jam ini dirasa tidak cukup karena banyaknya pertanyan dari peserta sehingga tidak seluruh pertanyaan dapat terjawab. Pertanyaan disampaikan melalui menti.com, chatbox, dan bertanya langsung. Pertanyaan banyak terkait peran IPK dan pengalaman dalam rekrutmen, tata cara sebagai kandidat (CV dan dress code interview), linkedin, dan lain-lain. Diakhir acara, panitia membagikan hadiah e-wallet untuk 2 orang penanya terbaik dan 7 doorprize yang diundi.