Ngobrol Bareng Saat Senja (NGEGAS) ‘Make Your Own ‘Gula Aren’ Coffee

Membahas soal kopi tidak pernah ada habisnya. Tren menyesap kopi pun sudah tidak dipandang sebelah mata apalagi dengan banyaknya kafe kopi dan mesin pembuatan kopi instan yang menyebar di banyak kota besar di Indonesia. Dari harga yang sangat terjangkau hingga yang mahal. Oleh karena itu, bisnis kopi menjadi suatu hal yang menjanjikan untuk dilakukan oleh pemula.

Hal inilah yang menjadi alasan Program Development Center (PDC) Binus Square mengadakan acara workshop secara online dengan topik ‘Make Your Own Gula Aren Coffee’ untuk membekali boarder yang ingin memulai bisnis di bidang kopi. Acara workshop dibuka oleh Kak Naomi dan Kak Bernat dari PDC Binus Square sebagai host acara sembari memperkenalkan pembicara. Pembicara workshop adalah seorang dosen jurusan Hotel Management BINUS University bernama Ganang Aditiyo Prakoso.

Tanpa berlama-lama, Kak Ganang langsung mengajak peserta berdiskusi mengenai teknik mengolah kopi yang mereka tahu. Istilah kopi yang sedang tren sekarang adalah kopi cold brew. Cold brew adalah suatu teknik ‘perendaman’ kopi untuk diambil ekstraknya. Waktu yang dibutuhkan untuk teknik ini bervariasi tergantung jenis kopinya. Selain itu, menurut Kak Ganang, dalam pembuatan kopi perlu menyiapkan mesin scaler untuk mengukur berat bubuk kopi yang akan digunakan dan gelas takar. Selama sesi workshop, pembicara banyak sekali memberikan pengetahuan yang sangat berguna bagi orang awam yang tidak menggeluti dunia kopi. Para peserta pun sangat aktif bertanya hingga waktu kegiatan berakhir. Di akhir sesi, host mengajak semua peserta dan pembicara untuk berfoto bersama.

Leave Your Footprint

Copyright © BINUS SQUARE. All rights reserved.