Global Experience: Introduction to IELTS @America Jakarta

Bahasa Inggris adalah bahasa yang diakui dan digunakan sebagai bahasa internasional. Tentunya semua orang terutama boarder BINUS Square diwajibkan untuk tahu dan bisa menggunakan Bahasa Inggris agar dapat berkominukasi dengan orang dari berbagai negara. Ditambah lagi cukup banyak boarder asing yang tinggal di BINUS Square. Banyak sekolah, universitas dan perusahaan berbasis internasional memiliki sertifikasi atau standar dalam berbahasa inggris yang harus dimiliki salah satunya adalah sertifikasi IELTS.

International English Language Testing System atau yang disingkat IELTS adalah sistem tes Bahasa Inggris internasional yang terpopuler di dunia untuk keperluan studi, bekerja dan imigrasi. Hasil IELTS valid diakui oleh lebih dari 10.000 organisasi, termasuk lembaga pendidikan, perusahaan, asosiasi professional, dan pemerintahan, di 145 negara di seluruh dunia. Dengan kesadaran tentang IELTS maka pada hari Sabtu, 7 Desember 2019 Aktivis BINUS Square mengajak para boarder untuk mengikuti pengenalan dasar tentang IELTS dan apa saja hal yang harus dipersiapkan agar dapat menghadapai test IELTS terutama pada bagian writing, yang diselenggarakan oleh @America yang berlokasi di dalam mall Pacific Place lantai 3.

Pada hari-H persiapan event dimulai pada pukul 09.00 WIB. Panitia sudah berkumpul di Lobby BINUS Square dan melakukan briefing singkat untuk panitia. Pada pukul 09.15 WIB, Volunteer sudah berkumpul  di Lobby BINUS Square dan debriefing oleh panitia. Ada sebanyak 15 orang peserta yang mengikuti acara ini, mereka sangat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Activist BINUS Square. Registrasi telah dibuka mulai dari pukul 09.30 WIB dan para peserta sudah mulai berdatangan sampai jam 10.00 WIB.

Panitia mulai memesan transportasi (Online) mulai pukul 10.00 WIB, dan mulai berangkat menuju ke mal Pasific Place. Sesampainya di sana kami dibantu oleh para volunteer mengarahkan peserta untuk langsung menuju ke @America. Tempat yang nyaman dan unik membuat beberapa peserta takjub dan semakin tertarik untuk mengikuti cara tersebut. Acarapun dimulai oleh perwakilan dari @America yang menjelaskan kembali secara singkat tentang acara tersebut. Kemudian pembicara yang berasal dari sebuah kedutaan besar memulai materi. Ia juga merupakan salah satu orang yang memberi penilaian terhadap test EILTS. Materi yang ia sampaikan sangat berguna untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi test IELST. Tidak hanya itu, ia juga memberi kesempatan kepada para peserta untuk langsung mempraktekkan materi atau ilmu yang mereka dapat dengan pasangan yang dipilih sendiri oleh peserta. Selain itu peserta dapat langsung berkonsultasi mengenai IELTS dengan pembicara setelah seminar berakhir.

Talkshow berakhir sekitar pukul 12:30 dan ditutup dengan sesi berfoto dengan seluruh peserta.  Dengan mengikuti kegiatan pengembangan diri seperti ini, kami berharap boarder semakin menyadari pentingnya kemampuan berbahasa Inggris dan mempersiapkannya untuk masa depan. Setelah acara selesai kami dan volunteer mengarahkan peserta untuk kembali ke Binus Square dan tiba sekitar pukul 14:00 siang.