BSSC Cadre Forming

Setiap tahunnya, kepengurusan organisasi di BINUS akan selalu berganti. Ini juga berlaku pada organisasi BSSC yang ada di BINUS Square. Saat ini, organisasi BSSC akan memasuki tahun kepengurusan yang baru, yaitu BSSC 10th Presidency. Oleh karena itu, untuk menyeleksi aktivis baru, BSSC telah mengadakan Cadre Forming. Cadre Forming merupakan kegiatan pertama yang diikuti oleh aktivis BSSC. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mempersiapkan aktivis baru untuk menjalani organisasi BSSC 10th Presidency. Cadre Forming tahun ini mengangkat tema “Unity for Growth”, yang berarti bersatu untuk bertumbuh dan berkembang bersama. BSSC ingin setiap pengurus dapat bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan dan tentunya proses tersebut diharapkan dapat meningkatkan skill yang dimiliki oleh pengurus serta aktivis baru BSSC. Cadre Forming dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 4 – 6 Oktober 2019.

Pada hari pertama, para calon aktvis mendapatkan pengetahuan melalui talkshow dengan tema “Organization Life” yang dibawakan oleh Bapak Rahmat Ilahi, S.Pd. dan Ibu Maria Diajeng Widyorini, S.E., M.Ak., sebagai perwakilan dari SCAC, Kak Aditia Perdana, S.Kom. dan Kak Cecilia A.P.S., S. Psi. sebagai perwakilan PDC, serta Mikael Tedjopranoto sebagai alumni dari BSSC. Talkshow membahas pengalaman organisasi dari para pembicara, time management, problem solving, dan creative and critical thinking. Talkshow berjalan dengan kondusif.

Hari kedua Cadre Forming, para calon aktivis melaksanakan kegiatan event creation, dimana mereka diberikan waktu selama 110 menit untuk menyusun proposal dan membuat poster secara berkelompok. Setelah itu, setiap kelompok maju untuk mempresentasikan event mereka. Ada yang bertemakan Food Festival, Earth Hour, Halloween, dan masih banyak lagi. Presentasi mereka dinilai oleh 3 juri yang merupakan calon EXCOM BSSC 10th Presidency.

Hari ketiga diawali dengan berkumpul di Exhibition Area, BINUS Square. Diawali dengan penjelasan singkat mengenai kegiatan outbound dan peraturan-peraturan dasar yang harus ditaati. Setelah itu, para calon aktivis berangkat menuju BINUS Alam Sutera Campus. Di sini para calon aktivis mengikuti berbagai pos games yang telah disiapkan oleh panitia seperti, Duar Battle, Si Buta dari Gua Hantu, Protect the Queen, Spider Web, dan Marble Adventure yang masing-masing memiliki tujuan tersendiri. Saat bermain pos games, panitia melakukan penelitian dan observasi terhadap para calon aktivis. Sesi penerapan peraturan dasar juga dilaksanakan agar calon aktivis ditegaskan untuk sadar dan memahami bahwa menaati peeraturan sangatlah penting dalam suatu organisasi. Selanjutnya adalah final challenge, di mana calon aktivis menyelesaikan 24 challenge untuk membuka banner yang berisikan Mars BSSC. Ketika selesai, para calon aktivis dan panitia bersiap untuk pulang ke BINUS Square. Setelah sampai, para calon aktivis kembali berkumpul di Exhibition Area untuk dibagikan merchandise BSSC berupa notes sebagai kenang-kenangan.