Sharing Session ‘Interns World : How to Prepare Your Internship’

Sharing Session ‘Interns World : How to Prepare Your Internship’ diadakan untuk boarder BINUS Square dengan tujuan untuk memperkenalkan program 3 + 1 BINUS University kepada boarder yang baru masuk kuliah hingga boarder yang sedang bersiap memasuki dunia magang semester depan. Acara ini diadakan pada hari Kamis, 18 Oktober 2018 oleh 3 pembicara yang berasal dari institusi yang berbeda: BINUS Career, alumni dan International Internship.

Materi yang dibawakan oleh para pembicara sangatlah menarik dimana BINUS Career menyampaikan alasan BINUS membuat program 3 + 1 ini untuk para binusian. Hal tersebut dikarenakan ada kebutuhan dari perusahaan terkait sumber daya manusia dan membantu binusian dalam mempersiapkan masuk ke lingkungan kerja. Disampaikan juga bahwa binusian yang magang hanya bisa memilih pekerjaan yang sesuai bidang kuliahnya, hal tersebut terkait dengan SKS kuliah yang mereka jalani. Selain itu, Miki, panggilan akrab Mikael sebagai alumni BINUS University turut bercerita mengenai pengalamannya bekerja di PT. Unilever Indonesia Tbk. sewaktu menjadi pegawai magang. Ia memberi tips agar peserta mulai search website perusahaan incaran sebagai lokasi magang dan ikuti proses interview yang diadakan oleh perusahaan tersebut. Ia memberi tips bagaimana cara melihat perusahaan tersebut tergolong fleksibel atau tidak dari raut wajah interviewer-nya semangat atau tidak. Selain itu, ia berpesan kepada semua peserta bahwa jangan ragu untuk bertanya. Salah tidak masalah asalkan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Tak kalah seru materi yang disampaikan Angus Coverdale dari International Internship. Ia menyampaikan beberapa tips yang perlu disiapkan bila boarder ingin magang di luar negeri. Yang paling utama adalah bagaimana menghadapi culture shock. Semua orang akan menghadapi culture shock, namun cara yang bisa dilakukan adalah jangan ragu untuk bertanya bila belum mengetahui sistem bekerja di perusahaan tersebut. Dalam kegiatan sharing session ini, banyak peserta yang bertanya langsung untuk mempersiapkan mereka sebelum masuk ke dunia magang. Di akhir acara, Project Manager memberikan souvenir kepada ketiga pembicara dan mengajak seluruh peserta untuk berfoto bersama.