BINUS Square Goes to Batik Museum

Indonesia mempunyai banyak sekali peninggalan budaya yang sudah diakui oleh dunia internasional. Salah satunya adalah Batik, yang menjadi jati diri bangsa Indonesia yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia.

Boarder BINUS Square yang merupakan pelajar international, pada kali ini berkesempatan untuk mengenal budaya Indonesia melalui pembuatan batik yang kegiatannya dilaksanakan di Textile Museum, dengan alamat Jl. Aipda Ks Tubun No.2-4, Tanah Abang, Petamburan, RT.6/RW.1, Kota Bambu Sel., Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan pada hari Rabu, 16 Februari 2017 diikuti oleh pelajar dari Kamboja, Korea Selatan, Brunei Darussalam, dan Indonesia sendiri. 

Dalam kegiatan ini,para pelajar diajak untuk mempelajari proses pembuatan batik dari mulai membuat pola(design), mencanting , dan proses pewarnaan yang rumit , dibantu oleh para staff museum dan workshop batik yang sangat ramah dan informative.

Setelah kegiatan membatik yang memakan waktu 60 menit dalam keseluruhan proses, kegiatan dilanjutkan dengan tour ke museum utama(Kontemporer) dan galeri museum didampingi oleh Tour Guide Ibu Anti yang bersemangat menceritakan mengenai sejarah batik dan ciri khas batik dari masing daerah, juga nilai yang terkandung dalam setiap batik yang dibuat.