Street Photography Workshop

Masih bertemakan fotografi, Program Development Center (PDC) pada bulan Oktober mengadakan sebuah workshop dengan topik Street Photography. Menurut Wikipedia, Street Photography (fotografi jalanan) adalah salah satu aliran dalam fotografi. Fotografi jalanan umumnya memuat objek yang diambil di ruang terbuka publik dalam kondisi candid atau tanpa pengarahan. Belum ada kesepakatan mengenai padanan yang baku untuk street photography dalam bahasa Indonesia, namun istilah fotografi jalanan sering dipakai dalam beberapa kesempatan. Foto-foto dalam street photography dapat mengambil lokasi dari berbagai ruang publik seperti jalan, pasar, mal, terminal, stasiun kereta api, dan sebagainya. Untuk workshop kali ini, PDC mengundang boarder Internasional untuk menjadi pemateri.

S__111173881Georgi Antoniev Kovachev adalah boarder Internasional asal Bulgaria yang sedang mengikuti program pertukaran pelajar dari kampusnya di Belanda dan berkuliah di Binus University, Jakarta. Ia juga memiliki pengalaman di bidang fotografi cukup lama. Street Photography Workshop diadakan dua kali yaitu sesi teori (Jumat, 28 Oktober 2016) dan sesi praktek (Minggu, 30 Oktober 2016). Materi workshop ini dibawakan dalam Bahasa Inggris dan diikuti oleh boarder BINUS Square yang memiliki minat di bidang fotografi. Jumlah boarder yang mengikuti sesi fotografi kali ini berjumlah 19 orang dimana salah satunya adalah Exchange Student dari Taiwan.

Credit by Arthur G. WongkaPada sesi teori, pemateri membahas mengenai dasar dan teknik dalam fotografi. Selain itu, ia juga memberikan contoh yang baik dan buruk dalam melakukan praktek Street Photography. Contoh tersebut bermaksud memberikan gambaran pada peserta agar saat prakteknya peserta meminta ijin terlebih dahulu saat ingin memotret orang. Kebiasaan fotografer pemula pada umumnya adalah memotret orang lain tanpa ijin sedangkan tidak semua orang senang difoto aktivitasnya. Oleh karena itu, PDC mengajak peserta ke Kota Tua Jakarta untuk mempraktekkan teori dan pengetahuan yang didapatnya. Disana terdapat banyak objek yang bisa diabadikan pada kamera peserta. Selain aktivitas memotret, peserta yang awalnya tidak kenal satu sama lain ini justru mendapatkan teman baru dari workshop ini. Panas matahari yang cukup menyengat selama di Kota Tua Jakarta tidak menyurutkan semangat mereka dalam belajar Street Photography. Hubungan antara boader Internasional dan boarder BINUS Square pun terlihat mencair dengan adanya aktivitas bersama ini. (CAPS)IMG_0057

Leo Chandra (2)