Earth Hour “Planet Biru, Rumah Kita”

Earth hour, sebuah acara mendukung penyelamatan Bumi. Merupakan program dari WWF (World Wide Fund for Nature), dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik lainnya pada hari Sabtu, minggu keempat di bulan Maret setiap tahunnya.

Tahun ini, earth hour diadakan lagi di BINUS Square, mengangkat tema Earth is Ours, BSSC (BINUS Square Student Committee) menyelenggarakan acara ini dari tanggal 22 Maret 2015, mereka mengadakan kampanye di acara Car Free Day di Bundaran HI. Dengan meminta tanda tangan kepada orang-orang yang mendukung pelaksaan acara ini, mereka juga mengutip sampah, memberikan penjelasan singkat tentang earth hour. Acara tidak cukup hanya sampai di sana, mereka juga melanjutkan kampanye di BINUS Square pada tanggal 23-25 Maret 2015 pada pukul 19.30-21.00 WIB. Mereka mengajak boarder untuk mengikuti acara puncak earth hour dan mengajarkan boarder untuk membedakan sampah organik dan non-organik. Tidak hanya sampai di rumah sendiri, para panitia juga berkampanye di Kampus Anggrek pada tanggal 26-27 Maret, pukul 11.00-13.30 WIB. Di dalam kampanye ini, mereka menjelaskan earth hour dan mengajak mahasiswa BINUS untuk datang ke acara puncak EH (earth hour-red).

Panitia juga mengadakan seminar WWF pada tanggal 27 Maret, bertempat di ruang BS 302 pukul 15.15-16.50 WIB, yang diikuti oleh 31 peserta. Dengan MC Leo Chandra dan pembicara Kak Dewi Satriani, acara seminar berlangsung menarik. Pada tanggal 27 Maret ini juga, ada stand-stand yang buka di under meal, di antaranya ada HOP-HOP, WWF, Tazel Ice Cream, Lolly Waffle, Pista, OLX, Coca Cola dan Ultimate Crepes. Panitia juga meminta anak-anak dari HIMDKV untuk membuat 2 buah lukisan graffiti bertemakan EH.

Acara puncak pada 28 Maret dimulai pada pukul 19.00 WIB di under meal, dengan MC Gary dan Felina, mereka membuka acara puncak EH ini. Dimulai dengan kata sambutan oleh Kak Cynthea dari Program Development Center BINUS Square, lalu sambutan dari Project Mananger EH, Jamal Ginanjar, dan terakhir sambutan dari Chairman BSSC, Tessar Wijaya.

Acara di;anjutkan dengan penampilan dari HIMJA (Himpunan Sastra Jepang) yang menampilkan taiko, penampilan menabuh drum oleh 5 mahasiswi. Penampilan ini sangat memukau sehingga membuat penonton terdiam sejenak mendengarkan penampilan mereka. Lalu ada penampilan dari boarder, Aji dan Ango yang beruet gitar dan membawakan 2 buah lagu dengan suara merdu mereka. Mereka adalah mahasiswa jurusan IT, angkatan 2017 dan 2018.

Selanjutnya ada pembacaan pemenang lomba fotografi di Instagram, yang diikuti oleh 22 peserta. Berikut adalah para pemenangnya, juara 1 @si_almalik21, juara 2 @rizviansinaga, juara 3 @cahgro dan juara favorit dengan 256 likes oleh @famadisurya. Lalu ada sedikit ice breaking event, dengan pemenangnya adalah Henny, karena memiliki pulsa paling sedikit, sebesar Rp 0,-. Acara selanjutnya dimeriahkan oleh artis BINUS University, Vivi Olivia yang menyanyikan total 3 buah lagu, You Raise Me Up, Breakaway, dan Colors of The Wind. Memakai gaun biru, Vivi Olivia melantunkan 3 lagu ini dengan sangat merdu dan berhasil mengundang tepuk tangan meriah untuk penampilannya. Acara selanjutnya dibawakan oleh Pandu Winoto, sebagai seorang yang membawakan acara stand-up comedy, ia berhasil mengundang tawa dari penonton yang ada. Untuk meningkatkan euphoria penonton, maka ada penampilan BINUS Square B-boy, dengan 8 orang dance crew, mereka menghibur penonton dengan kelenturan dan gerakan tarian yang sangat bagus, dan ada 1 orang wanita yang juga ikut dalam penampilan b-boy dance ini.

Siapa yang tidak tahu tentang PARAMABIRA (Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara) yang sudah terkenal baik di kancah nasional dan internasional? Dan mereka tampil di acara EH kali ini, mereka selalu berhasil membius pendengarnya dengan lantunan lagu yang mereka bawakan. Perpaduan suara yang begitu harmonis dan mendamaikan hati, berhasil membawa suasana pada malam itu, ketika pada pukul 20.30 WIB, semua lampu di under meal dimatikan dan peserta diberikan lilin. Dan untuk menambah romantika suasana, Malam Puisi Jakarta yang beranggotakan 6 pria dan 3 wanita, menampilkan 9 buah puisi dengan gaya kontemporer, dengan cahaya yang ada hanya dari lilin-lilin. Suasana yang damai, tenang dan romantis ini dilanjutkan dengan penampilan dari ketiga pria yang memainkan keyboard dan 2 orang lainnya memainkan saxophone dengan sangat menawan. Membawakan 3 lantunan lagu, ­Thinking Out Loud- Ed Sheeran, Akhir Cerita Cinta-Glenn Fredly dan Heal the World-Michael Jackson.

Karena sudah mendekati akhir acara, ada penampilan dance oleh boarder, 3 Seconds Dance Crew, ditarikan dengan menghibur oleh 3 mahasiswa yang berhasil menarik perhatian penonton dengan tarian mereka yang unik. Acara kemudian dilanjutkan dengan penghidupan kembali lampu di under meal, yang menandakan usainya serangkaian acara EH ini, kemudian ada penampilan DJ dari Pecinta Musik Digital dari Depok, yang memanaskan acara di under meal. Acara ini berlangsung menarik. Boarder yang melewatkan acara EH kali ini jangan bersedih hati, EH akan diadakan lagi tahun depan. Ayo kita bersama-sama mendukung penyelamatan Bumi kita, Earth is Ours. (GCT)

 

Ambil-1

Ambil-2

Performance-3