Artikel Kegiatan BINUS SQUARE bulan Agustus 2011

BINUS SQUARE BOARDERS ACTIVITIES

August 2011

Kegiatan orientasi boarder baru, BSSC Wonder pada tanggal 2-6 Agustus 2011 dibagi menjadi 2 batch. Batch 1 pada tanggal 2-4 Agustus dan Batch 2 pada tanggal 4-6 Agustus. Pada hari terakhir di setiap batch, diadakan acara keakraban yang diisi dengan berbagai performance dari boarder dan tamu dari luar Binus Square. Acara keakraban ini juga sebagai acara buka puasa bersama. Pada acara BSSC Wonder ini, boarder mendapatkan tips, penjelasan mengenai segala keuntungan dan apa yang perlu diperhatikan selama tinggal di Binus Square. Sesi-sesi dalam acara BSSC Wonder ini diisi oleh tim manajemen Binus Square dan para boarder yang tergabung dalam Tim Penyambutan Boarder Baru. Kegiatan Nonton  Bareng  (NoBar) yang merupakan kegiatan tetap, pada bulan ini diadakan lebih sering. Kegiatan NoBar ini disambut meriah khususnya oleh boarder baru karena menjadi kesempatan untuk mengisi waktu luang mereka sekaligus memperbanyak teman khususnya antar boarder. Pada peringatan hari kemerdekaan Indonesia, yang adalah hari libur nasional, Program Development Center mengadakan Independence Day Competition. Lomba-lomba yang diselenggarakan antara lain adalah lomba bakiak, makan kerupuk, memasukkan paku ke botol, sendok-kelereng dan memasukkan benang ke jarum. Dalam kegiatan ini, boarder difasilitasi untuk semakin dapat bekerja sama menuju satu tujuan yang dibungkus dengan kegiatan yang menyenangkan.

 

September 2011

Kegiatan BSSC Wonder masih berlanjut di bulan ini. Batch 3 & 4 yang dimulai dengan sesi sosialisasi pada tanggal 13-14 September, yang dilanjutkan sampai tanggal 16 September ditutup dengan sesi Performance oleh boarder-boarder baru. Kegiatan Meet and Greet yang bertujuan untuk memberi kesempatan bagi boarder baru yang belum sempat mengikuti BSSC Wonder ini diadakan pada 21-23 September. Kegiatan Nonton Bareng diadakan 3 kali dalam bulan ini. Salah satunya adalah NoBar K-On Live Concert yang diprakarsai oleh salah seorang boarder an. Ci Yang(1401115142).

 

October 2011

Kegiatan boarders di bulan Oktober diawali dengan pelaksanaan cadre forming yaitu latihan dasar kepemimpinan bagi boarders yang terpilih menjadi anggota Binus Square Student Committee angkatan ke-2 atau biasa dikenal dengan BSSC 2nd Presidency. Kegiatan ini diadakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 4 dan 5 Oktober. Peserta cadre forming sangat antusias dalam mengikuti sesi-sesi yang diberikan kepada mereka sebagai bekal agar dapat meningkatkan pengalaman berorganisasi mereka. Lalu pada tanggal 8 Oktober, diadakan acara gathering yang bertajuk “Hello University Life” bagi para boarders sebagai acara penyambutan boarders baru. Acara ini dimeriahkan dengan adanya penampilan dari boarders maupun non boarders seperti drama, modern dance, bernyanyi, permainan alat musik, dan lainnya. Selain kegiatan dari Program Development Center, ada juga kegiatan yang dibuat oleh boarders sendiri seperti kompetisi Trading Card game (Zermia Stani/ 1401079055) yang diadakan pada tanggal 9 Oktober. Dengan adanya kesempatan ini, boarders dapat mengembangkan hobi mereka serta dapat meningkatkan solidaritas antar sesama boarders yang mempunyai hobi sama.

Beberapa kelas bahasa atau yang dikenal dengan Binus Square Language Classes juga mulai dibuka pada bulan Oktober ini. Ada 4 kelas bahasa yang dibuka, yaitu English Conversation Program, Mandarin Class, Korean Class dan Thailand Class. English Conversation Class berupa kelas percakapan antar boarder dalam bentuk tim yang dipimpin oleh masing-masing leader tim, sedangkan Mandarin Class yang pengajarnya adalah seorang boarder dari  Sastra China (Yuliana/1401102631 dan Indra Wibowo/1401112992) dan bersedia mengajar teman-temannya. Untuk kegiatan Korean Class dan Thailand Class, Binus Square  mendapatkan bantuan dari boarders asing dari Korea (Choi Young Chan dan Jeon Jong Hyeon) dan asistennya (Yu Han Na/ 1501159031 dan Kim Hyeon Ji/ 1501168300) serta Thailand (Chayapa Krailasnarurmit dan Kanyamanee Wilaingam) yang bersedia untuk mengajar. Rencananya kelas bahasa ini akan diadakan tiap minggu sampai pada bulan Januari 2012. Boarder sangat antusias dengan adanya kesempatan untuk dapat bergabung di kelas bahasa ini. Selain menambah ilmu dan keterampilan, tergabung dalam kelas-kelas ini juga dapat memperluas relasi atau menambah teman sesama boarders.

Selain itu ada kegiatan NoBar  atau Nonton Bareng sebagai salah satu program sosialisasi untuk para boarder dan telah diadakan tiga kali pada bulan ini. Tujuannya agar para boarders dapat menambah teman dan mengisi waktu luangnya. Program Development Center Binus Square juga mengadakan workshop “Speaking English with Confidence” yang dibawakan oleh Mr. David Bourne, BA, MSc. (BINUS English Language Specialist) untuk lebih mengasah keterampilan boarders dalam berbahasa Inggris. Sebagai penutup di bulan ini, acara “Gothic Halloween” sukses diadakan oleh BSSC dengan Raesa Nur Anindia   (1401117343) sebagai PIC. Acara ini selain untuk merayakan Halloween Day juga sebagai ajang kreativitas boarders dalam bersaing untuk menggunakan kostum bertema Halloween sebaik mungkin