BINUSIAN JOURNEY

Menemukan Passion yang Diinginkan

Passion adalah hasrat yang kuat akan sesuatu untuk hal yang sangat berharga, dapat membuat kita bersemangat dalam mengaktualisasikan diri dan memberi kepuasan. Kadang passion juga merupakan perjalanan dalam menemukan proses yang terbaik untuk diri sendiri.

Beberapa hal yang harus kamu ketahui dalam menemukan passion ialah :

Apakah aktivitas yang paling kamu sukai? Apa jenis pekerjaan membuat kamu bergairah?

Saat bersekolah, berkuliah ataupun pernah bekerja pastinya kamu memiliki aktivitas atau hobi yang disukai dan tekun dilakukan bukan? Misalnya menulis, mendesain, menggambar ataupun melukis dan hal lainnya. Dari aktivitas atau hobi ini dapat kamu kembangkan menjadi minat ataupun pekerjaan yang ingin kamu lakukan.

Atau bisa juga pada kesempatan tak terduga, adanya hal lain yang membuat kamu menjadi bergairah dan bersemangat melalukan aktivitas tersebut sehingga dapat dikembangkan menjadi ide usaha ataupun ditekuni pada jalan karir.

Temukan keunggulan atau bakatmu!

Bakat adalah kemampuan pribadi yang memberikan prestasi lebih baik dibanding orang lain saat menekuni hal yang sama. Maksimalkan kemampuanmu dalam bakat yang kamu tekuni, pastikan bahwa kamu bisa dan dapat menyelesaikan suatu hal yang kamu tekuni dengan tepat waktu dan hasil yang maksimal ya.

Mintalah anggota keluarga atau sahabatmu untuk menyebutkan atau menuliskan 3 hingga 5 keunggulan atau bakatmu dari apa yang mereka ketahui selama ini!

Jangan pernah malu untuk bertanya pendapat orang lain tentang dirimu, terutama mengenai kelebihan yang ada pada dirimu dari sisi mata orang terdekat. Mintalah keluargamu hingga sahabatmu untuk menyebutkan atau menuliskan keunggulanmu atau bakatmu dari apa yang mereka lihat selama mengenalmu.

Menayakan pendapat ini kepada orang lain dapat membuat mengevaluasi kembali dirimu serta juga dapat memacu semangatmu mengembangkan passion yang ada pada dirimu.

Jika diantara kamu masih belum menemukan passionmu hingga saat ini, jangan menyerah dalam berproses untuk menemukan apa yang menjadi minat sejatimu ya!

By : Zia – BINUS Career