BINUSIAN JOURNEY

7 Tips Memimpin Gen Z

Memimpin generasi Z (Gen Z) di tempat kerja memiliki banyak hal unik yang membedakan mereka dengan generasi sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor misalnya perubahan teknologi, sosial, ekonomi, dan budaya. Bagi para pemimpin yang mempunyai anggota gen Z harus membutuhkan banyak penyesuaian, berikut adalah tips untuk memimpin gen Z :

  1. Bersikap fleksibel
    Gen Z sangat menghargai keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi atau work-life balanced. Mereka cenderung mencari pekerjaan yang memberikan fleksibilitas, misalnya opsi kerja jarak jauh atau jam kerja yang fleksibel. Sebagai seorang pemimpin, kamu bisa memberikan kebebasan untuk memilih waktu, tempat, dan cara kerja untuk bisa meningkatkan kepuasan dan produktifitas mereka.
  1. Berikanlah peluang belajar
    Gen Z sangat mencari adanya kesempatan untuk belajar dan berkembang. Mereka terbiasa untuk mencari peluang dalam hal meningkatkan keterampilan. Sebagai pemimpin, kamu bisa menawarkan program pengembangan baru agar mereka dapat terus berkembang.
  1. Jadilah mentor, bukan sekedar bos
    Gen Z sangat menghargai feedback yang cepat dan langsung. Mereka ingin tahu bagaimana kinerja mereka dan apa yang bisa mereka perbaiki. Sebagai pemimpin kamu harus mampu memberi contoh dan feedback kontruktif yang baik dan tidak hanya memberikan instruksi saja.
  1. Terbuka dengan perubahan teknologi
    Salah satu karakteristik gen Z adalah terbuka dengan perubahan teknologi digital dan internet. Mereka terbiasa menggunakan perangkat pintar dan media sosial. Sebagai pemimpin, kamu harus bisa beradaptasi dengan mereka dan bisa memanfaatkan tekonologi dalam komunikasi dan kolaborasi tim seperti menggunakan platform komunikasi digital. Selain itu, berilah kesempatan untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi yang mendukung pekerjaan mereka.
  1. Berilah mereka kepercayaan
    Salah satu karakter gen Z adalah ingin memiliki kendali atas pekerjaan mereka. Memberikan tanggung jawab dan otonomi dalam tugas bisa meningkatkan motivasi mereka. Selain itu, memberikan ruang bagi mereka untuk bisa mengekspresikan ide dan inovasi dapat menghasilkan solusi yang kreatif dan inovatif.
  1. Peduli terhadap kesehatan mental
    Gen Z menunjukkan kepedulian kuat terhadap kesehatan mental. Hal ini disebabkan karena mudahnya akses informasi dan kesadaran yang lebih tinggi, perubahan sosial dan budaya, serta tekanan yang mereka hadapi. Sebagai pemimpin, kita harus berkomitmen untuk membantu mereka agar merasa senang dan nyaman ketika di kantor.
  1. Bagikan tujuan dan nilai yang sejalan
    Gen Z cenderung lebih peduli dengan isu-isu sosial dan lingkungan. Mereka mencari pekerjaan di perusahaan yang sejalan dengan nilai-nilai mereka. Sebagai pemimpin kamu perlu menjabarkan secara transparan tentang visi dan misi perusahaan serta bisa menjelaskan kontribusi setiap orang terhadap visi dan misi perusahaan agar mereka merasa bermakna.

Memimpin gen Z membutuhkan pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dengan memahami karakteristik dan kebutuhan yang unik diharapkan pemimpin dapat menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan memuaskan bagi semua anggota tim.

Referensi :
https://www.linkedin.com/posts/vicarioreinaldo_gen-z-itu-kalo-dikritik-ngeyel-banyak-nuntut-activity-7216252292289683456-Wmih/?utm_source=combined_share_message&utm_medium=member_desktop

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Editor : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog