BINUSIAN JOURNEY

Hal Sepele yang Bikin Tidak Lolos Interview

Tahap interview merupakan salah satu tahap penting dalam proses melamar kerja. Disana pelamar dapat bertemu dengan perwakilan perusahaan secara langsung dan tentu saja ingin menampilkan yang terbaik. Lolos dalam sebuah interview juga merupakan langkah untuk bisa ke tahap berikutnya hingga akhirnya mendapatkan posisi tertentu di sebuah perusahaan. Untuk memaksimalkan performa kita saat interview kita perlu menghindari hal – hal yang dianggap sepele namun bisa membuat kita tidak lolos interview, antara lain :

  1. Berpakaian tidak pantas
    Penampilan adalah salah satu hal pertama yang dilihat oleh recruiter ketika melakukan proses wawancara. Penampilan yang tidak sesuai dengan budaya perusahaan atau standar industri bisa membuat nilai negatif. Ketika datang interview lebih baik kamu menyesuaiakan penampilan dengan industri yang kamu lamar. Misalnya jangan sampai kamu berpakaian terlalu santai untuk sebuah perusahaan yang mengutamakan formalitas. Hal tersebut akan memberikan kesan yang kurang serius.
  1. Datang terlambat
    Keterlambatan tanpa konfirmasi yang jelas adalah sebuah kesalahan besar bagi seorang pelamar. Tidak hanya menunjukkan ketidakprofesionalan namun juga menunjukkan rasa kurang hormat terhadap waktu yang telah diluangkan pewawancara. Datanglah 15 menit lebih awal untuk mempersiapkan diri di lokasi. Apabila memang kamu tidak bisa datang tepat waktu segeralah untuk menghubungi recruiter dan sampaikan alasan yang logis.
  1. Kurang mengenali perusahaan yang dilamar
    Tidak melakukan riset tentang perusahaan yang dilamar akan menunjukkan kurangnya minat atau ketidaksiapanmu dalam proses seleksi. Interviewer seringkali menguji pemahamam pelamar tentang perusahaan dan industri yang mereka lamar. Ketidakmampuan untuk memberikan jawaban atau memberikan jawaban yang salah dapat mengurangi nilaimu saat interview. Sebelum datang interview usahakan untuk melakukan riset tentang perusahaan yang kamu datangi untuk interview. Kamu bisa mencari tentang visi, misi, background atau budaya organisasi di internet atau media sosial perusahaan.
  1. Ekspresi tubuh yang negative
    Selama proses wawancara biasanya recruiter juga akan menilai ekspresi tubuhmu lho. Ekspresi yang tidak antusias, kurang bersahabat, kontak mata yang kurang, atau sikap tubuh yang terlihat kurang percaya diri akan memberikan kesan yang negatif. Kamu bisa terlebih dahulu belajar tentang ekspresi tubuh yang baik misalnya duduk dengan tegak, terlihat antusias, dan melakukan kontak mata yang menunjukkan kamu tertarik dan bersemangat.
  1. Tidak bertanya kepada pewawancara
    Wawancara kerja tidak hanya memberikan waktu untuk recruiter mengenal pelamar, melainkan juga kesempatan bagi pelamar untuk mengetahui lebih banyak tentang perusahaan dan posisi yang dilamar. Tidak mengajukan pertanyaan saat wawancara dapat memberikan kesan bahwa kamu kurang berminat dan tidak mempersiapkan diri dengan baik. Untuk mempersiapkan hal ini, sebelum interview dimulai kamu bisa membuat list pertanyaan tentang apa yang belum kamu pahami tentang perusahaan atau posisi yang kamu lamar. Dengan catatan kamu harus terlebih dahulu melakukan riset ya, agar informasi yang kamu peroleh lebih beragam.

Meskipun tampak sepele, hal-hal diatas memiliki dampak besar pada kesuksesan pelamar dalam proses wawancara. Penting untuk memperhatikan setiap aspek dari persiapan dan pelaksanaan wawancara untuk meningkatkan peluang kesuksesan.

Referensi :
https://kumparan.com/kumparanwoman/7-hal-sepele-yang-bisa-membuat-wawancara-kerja-anda-gagal-1sR0XkxP8fj/full
https://yoursay.suara.com/lifestyle/2022/07/16/074503/5-hal-sepele-yang-bisa-membuat-gagal-interview-kerja-jangan-lakukan

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog