BINUSIAN JOURNEY

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat menjadi mahasiswa

Memasuki dunia perkuliahan yang berbeda dari masa sekolah. Tentunya sebagai mahasiswa tidak boleh membuang waktu dan memanfaatkan kesempatan untuk berkuliah denga baik. Nah, kita perlu antisipasi supaya tidak membuang waktu percuma.

  1. Tidak memiliki tujuan kuliah
    Tujuan ketika kita berkuliah harus sudah dapat didefinisikan sedari awal ataupun sebelum memasuki bangku kuliah (Chairunnisa, 2021). Kamu sebaiknya sudah merencanakan karir apa yang ingin kamu capai setelah lulus dari kuliah sehingga akan mendorong apa yang bisa kamu lakukan agar tujuan dapat tercapai. Tujuan seringkali berubah seiring berjalannya waktu, namun dengan tujuan yang jelas bisa memberimu motivasi kembali untuk bangkit mewujudkan tujuan tersebut.
  1. Tidak membangun relasi
    Membangun relasi dari berbagai latar belakang yang berbeda akan lebih mudah jika kita memulai terlebih dahulu untuk berkenalan atau minimal bertegur sapa dengan teman-temanmu (Sanjaya, 2023). Inisiatif untuk berkenalan terlebih dahulu bisa membuat orang lain menilaimu sebagai pribadi yang baik dan ramah, sehingga kamu lebih mudah mendapatkan sahabat baru ketika di perkuliahan. Relasi dari latar belakang yang beragam akan memberikan kita berbagai sudut pandang untuk berdiskusi dan berbagi ilmu dan nantinya akan membantu di masa depan.
  1. Meremehkan Nilai atau IPK
    Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK bukan merupakan penentu kesuksesan seseorang (Sanjaya, 2023). Namun, apabila kamu ingin berkarir di perusahaan besar atau ingin melanjutkan studi lebih lanjut IPK bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu dapat diterima atau tidak. Oleh karena itu, kamu harus bisa membuat target pribadi berapa IPK yang akan kamu kejar. Khususnya pada semester awal, kamu perlu memperhitungkan nilai IPK kamu.
  1. Malas-malasan mengerjakan tugas
    Perkuliahan identik dengan tugas kuliah baik secara individual maupun kelompok. Kamu perlu memperhatikan setiap tugas yang diberikan oleh dosen, karena hal ini bisa terpengaruh dengan IPK kamu (Chairunnisa, 2021). Kebiasaan suka menunda pekerjaan dan terlalu santai perlu diantisipasi agar kamu bisa inline dengan target yang ingin kamu capai.
  1. Terlalu ambis untuk akademik
    Istilah anak masa kini yang lebih menyukai istilah ambis dibandingkan ambisius. “Ambis” berasal dari kata ambisius yang diartikan dengan keinginan keras untuk bisa mencapai sesuatu seperti harapan atau cita-cita. Fokus sebagai mahasiswa tidak hanya pada akademik tapi juga perlu untuk mengasah soft skills dengan aktif ikut organisasi (Chairunnisa, 2021). Organisasi akan banyak mengajarkan kita untuk problem solving, komunikasi, public speaking bahkan leadership. Pengalaman-pengalaman non akademis yang kamu tuliskan di CV bisa menjadi penilaian tambahan untuk HRD mencari karyawan bagi para fresh graduate. Cukup satu atau dua organisasi namun kamu harus komitmen untuk bisa totalitas dalam mengikutinya. Apabila mendapatkan kesempatan jangan sia-siakan kesempatan untuk menjadi leader di suatu organisasi atau kepanitiaan.
  1. Pasif di kelas
    Menjadi mahasiswa menuntut kita untuk lebih aktif, mandiri dan inisiatif ketika di kelas, kamu bisa menggunakan fasilitas perpustakaan, akses jurnal, dan diskusi dengan kakak tingkat terkait mata kuliah yang belum kamu pahami (Chairunnisa, 2021). Selain itu, kamu juga bisa secara aktif untuk tanya jawab langsung dengan dosen.

Kira-kira kamu sudah siap belum?

Nah mumpung masih ada waktu yuk dipersiapkan..

Referensi:
Chairunnisa, Q. 2021. Maba! Ini 9 Hal yang Nggak Boleh Kamu Lakukan di Awal Kuliah. Diambil dari https://www.rukita.co/stories/hal-yang-tidak-boleh-dilakukan-maba/. Pada tanggal 6 Maret 2023

Sanjaya, Y.C.A. 2023. 7 Hal yang Harus Dihindari Saat Awal Masuk Kuliah, Mahasiswa Baru Wajib Tahu! Diambil dari https://www.kompas.com/tren/read/2023/08/10/130000265/7-hal-yang-harus-dihindari-saat-awal-masuk-kuliah-mahasiswa-baru-wajib-tahu?page=all. Pada tanggal 6 Maret 2023

Penulis: Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Editor: Ira Setyawati, S.Psi., M.A.