BINUSIAN JOURNEY

Membangun Motivasi Belajar dan Bertumbuh yang Kuat

Sebagai manusia, kita pasti memliki keinginan untuk belajar dan memperluas pengetahuan dan kemampuan kita sehingga kita dapat bertumbuh dan berkembang. Motivasi semacam ini juga bisa disebut sebagai motivasi belajar. Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Kamu bisa melihat penjelasan lain mengenai macam-macam tipe gaya belajar di artikel Kenali Gaya Belajarmu.

Beberapa pengetahuan yang kita miliki sangatlah berguna untuk membantu kita memenuhi kebutuhan kuta, meningkatkan keterampilan, menambah keterampilan baru, bahkan membawa kita pada jenjang karir yang lebih baik atau menambah penghasilan kita.

Kesulitan yang sering dijumpai dalam proses belajar adalah rendahnya motivasi belajar setelah lulus dari penidikan formal. Dunia terus berubah dari waktu ke waktu bahkan secara cepat. Tanpa memiliki motivasi belajar dan bertumbuh yang kuat, perubahan dunia akan semakin menenggelamkan diri kita, kemampuan kita yang ada. Nah, oleh karena itu membangun motivasi belajar dan bertumbuh yang kuat sangatlah penting.

Berikut cara untuk membangun motivasi belajar dan bertumbuh yang kuat :

    1. Pilihlah hal yang ingin dipelajari
      Saat di sekolah biasanya siswa tidak dapat memiliki banyak pilihan. Kita mempelajari hal yang sama meskipun kita tidak menyukai pelajaran yang disajikan kita tetap harus mempelajarinya. Saat sudah lulus, kita dapat memilih hal yang kita sukai. Ini yang bisa membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Jadi mulailah dengn menentukan sendiri bidang apa yang ingin dipelajari dan yang merupakan kesukaan pribadi.

 

    1. Ingatkan diri Anda akan hasilnya
      Misalkan Anda ingin mempelajari bahasa Jepang, tapi mungkin Anda tidak suka mempelajari bahasa Jepang. Nh, bayangkanlah hasil yang Anda bisa dapatkan. Bayangkan Anda pergi ke Jepang dan berjalan-jalan disana dengan nyaman karena bisa berbicara dan berinteraksi dengan mudah karena bisa berbahasa Jepang dengan lancer. Dengan membanyangkan hasil yang akan Anda dapatkan seperti ini Anda akan kembali termotivasi untuk belajar lagi.

 

    1. Gunakan alasan yang kuat
      Sebelum mempelajari hal baru, coba pikirkan dengan sadar apa yang membuat Anda ingin mempelajarinya. PAstikan bahwa hal tersebut merupakan alasan yang kuat, dari dalam diri, dan terhubunga dengan kebutuhan emosi. Terhubung dengan emosi berarti ada memunculkan rasa senang, cinta, atau bahagia. Perasaan ini akan membangunkan semangat.

 

    1. Memiliki tujuan
      Buat dan tentukan tujuan yang ingin Anda capai. Dengan menetapkan tujuan, Anda akan memiliki tenaga untuk tetap belajar bahkan saat Anda menemui tekanan dan hambatan. Hal ini bisa membuat Anda menyadari bahwa belajar merupakan suatu perjalanan menuju apa yang perlu Anda lalui dan hadapi.

 

    1. Gabungkan metode belajar Anda
      Kita bisa memiliki banyak cara untuk belajar. Menggunakan Wikipedia, Google, YOutube, Buku, bertemu langsung dengan narasumber. Coba kombinasikan yang sangat menyenangkan Anda. Perasaan senang akan membuat motivasi Anda tetap bertahan.

 

    1. Bergabung dengan group online
      Bergabung sebuah kelompok untuk berdiskusi dapat mempermudah anda mendapatkan penjelasan atas pertanyaan Anda ataupun membagikan ilmu Anda. Terkoneksi dengan orang lain juga dapat memberi energi baru yang dapat memperbarui dan menambah kekuatan diri untuk terus belajar. Anda bisa melakukannya dengan bertemu langsung ataupun media online.

 

    1. Aturlah waktu pasti untuk belajar setiap hari
      Miliki waktu yang tepat untuk belajar setiap harinya. Gunakan pengingat. Lakukan berbarengan atau setelah kegiatan yang menyenangkan. Missal di pagi hari setelah mandi, sore hari sambal minum secangkir the atau minuman favorit Anda, atau sambal berjalan-jalan di taman dengan udara yang segar. Dengan begini Anda akan tetap termotivasi dan konsisten.

 

    1. Buatlah tujuan-tujuan kecil
      Jika Anda telah memiliki tujuan dari mempelajari sesuatu, buatlah target-target kecil yang bertujuan. Jabarkan tujuan/pencapaian kecil-kecil tersebut. Dengan ini Anda akan mampu memeriksa kemajuan Anda. Anda jadi tidak merasa jalan ditempat, lelah dan putus asa karena merasa tidak ada kemajuan. Selain itu tujuan-tujuan kecil ini juga menjadi sarana diri Anda mengapresiasi diri atas usaha Anda. Tujuan tidak lagi menjadi sesuatu yang terasa jauh dan memberatkan.

 

    1. Mencari cara lain untuk belajar
      Rasa hilang motivasi atau semangat tidak dipungkiri akan kerap menghampiri. Cobalah cara lain yang diluar biasanya. Cara baru bisa menambah perspektif baru, suasa baru, sehingga menyingkirkan kebosanan yang bisa menurunkan motivasi.

 

    1. Berikan diri penghargaan kecil
      Tidak perlu menunggu penilaian bagus, pujian, ataupun apresiasi dari orang lain. Selalu cobalah untuk menghargai diri sendiri, mengapresiasi, memuji, memberi hadiah pada diri sendiri. Dengan begitu Anda tidak akan tergantung pada faktor luar diri yang biasanya akan memberikan kekecewaan ketika penilaian dan komentar yang diberikan oleh orang lain tidak mengenakkan hati.

 

Referensi :
Tarmudi, Sugiyono. (2021). Understanding Human Learning. LPKN Training Center: Materi Pelatihan (tidak diterbitkan)

Ditulis oleh :
Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog
Internship Center & Career Development