BINUSIAN JOURNEY

Eksplorasi Karir

Masa kuliah merupakan waktu yang tepat untuk melakukan eksplorasi karir bagi mahasiswa. Eksplorasi karir merupakan proses menemukan dan memahami berbagai pilihan karir yang sesuai dengan minat, keterampilan, nilai, dan tujuan hidup. Proses ini penting untuk dilakukan karena dapat membantu individu membuat keputusan yang tepat tentang masa depan professional.

Pada masa perkuliahan, mahasiswa diharapkan tidak hanya dapat memperoleh pengetahuan akademis namun juga dapat mengeksplorasi berbagai pilihan karir yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing individu. Berikut adalah langkah yang dapat membantumu dalam melakukan eksplorasi karir :

  1. Mengenali diri sendiri
    Mengenali diri sendiri merupakan langkah awal dalam melakukan eksplorasi karir. Hal ini berhubungan dengan seberapa kita mengenal tentang minat, keterampilan, nilai dan kepribadian diri. Kamu bisa menggunakan banyak alat bantu misalnya tes minat karir dan kepribadian, membuat daftar keterampilan yang dikuasai, ataupun mendefinisikan apa yang penting bagimu dalam sebuah karir misalnya keseimbangan kerja, gaji, kesempatan belajar, dll.
  1. Eksplorasi opsi karir
    Setelah memahami diri, langkah berikutnya adalah menjelajahi berbagai pilihan karir. Metode yang bisa kamu gunakan misalnya :

    1. Penelitian karir : Kamu bisa mengakses berbagai sumber untuk mempelajari berbagai profesi, misalnya deskripsi pekerjaan, persyaratan pendidikan, dan prospek karir masa depan.
    2. Wawancara : melakukan wawancara dengan professional di bidang yang kamu minati dihadapkan kamu mendapatkan wawasan langsung tentang pekerjaan mereka dan bagaimana mereka memulai karir.
    3. Magang : Melalui magang kamu bisa mendapatkan pengalaman secara langsung. Kamu bisa mencoba magang atau praktek kerja dibidang yang kamu minati untuk mendapatkan pengalaman praktis dan melihat apakah bidang tersebut cocok untukmu.
  1. Memanfaatkan sumber daya di kampus
    Saat ini sudah banyak kampus yang memberikan akses sumber daya yang dapat membantu mahasiswanya melakukan eksplorasi karir misalnya kantor karir kampus yang memberikan layanan konseling karir, workshop, pameran kerja, dan sesi latihan wawancara. Bimbingan akademik yang dapat membantu konsultasi didampingi oleh dosen atau penasehat akademik untuk mendapatkan saran jalur karir yang sesuai dengan jurusan. Selain itu, kamu bisa bergabung dengan organisasi mahasiswa atau klub yang relevan dengan minat karir untuk membangun jaringan dan mendapatkan pengalaman tambahan.
  1. Evaluasi pilihan karir
    Setelah mendapatkan berbagai informasi, langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi karir dengan menanyakan hal berikut :

    1. Apakah pekerjaan ini sesuai dengan minat dan keterampilan saya ?
    2. Apakah ada peluang untuk berkembang dan maju dalam karir ini ?
    3. Apakah kondisi kerja dan budaya perusahaan sesuai dengan kecederungan saya ?
    4. Apakah pekerjaan ini menawarkan stabilitas dan gaji yang memadahi untuk kebutuhan saya ?

Eksplorasi karir adalah proses yang dinamis dan berkelanjutan khususnya untuk mahasiswa yang baru akan meniti karir. Dengan mengenali diri sendiri, memanfaatkan sumber daya yang ada dan membuat rencana karir diharapkan dapat membantu menemukan jalur karir yang sesuai dengan minat dan bakat individu. Kemampuan beradaptasi juga sangat diperlukan sebagai bagian dari proses pendalaman karir.

Penulis : Lintang Rizka Ramadhani, S.Psi.
Penyunting : Ajeng Diah Hartawati, M.Psi, Psikolog

Referensi:
https://www.researchgate.net/publication/375993819_Influences_on_Career_Decisions_Collaborative_systemic_exploration_of_career_influences_with_young_Australian_undergraduates